SOLOPOS.COM - Gambar wanita yang dituduh terlibat pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri Kim Jong Un. (Istimewa/Telegraph.co.uk)

Kasus pembunuhan Kim Jong Nam menyeret nama seorang WNI.

Solopos.com, JAKARTA — Satu perempuan warga negara Indonesia (WNI) ditangkap Kepolisian Malaysia terkait kasus pembunuhan saudara tiri Kim Jong Un, Kim Jong Nam. Perempuan yang teridentifikasi sebagai Siti Aishah tersebut berasal dari Kota Serang, Banten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, melalui juru bicaranya, Arrmanatha Nasir mengonfirmasi kabar penangkapan tersebut.

“KBRI Malaysia sudah mendapat informasi dari otoritas keamanan Malaysia mengenai ditangkapnya seorang perempuan pemegang paspor Indonesia yang diduga terlibat dalam pembunuhan seoarang laki-laki asal Korea Utara,” ujar Tata, demikian ia biasa disapa, dalam keterangan resminya, Kamis (16/2/2017).

Tata menambahkan, KBRI Malaysia juga telah memverifikasi paspor Indonesia yang dipegang oleh perempuan tersebut. “KBRI Malaysia telah meminta akses konsuler untuk dapat mendampingi WNI tersebut dan memastikan keadaan dan hak hukumnya diterimanya,” pungkas Tata.

Pernyataan resmi Kepolisian Malaysia terkait penangkapan WNI, Siti Aishah, atas pembunuhan Kim Jong Nam. (Istimewa/Strait Times)

Pernyataan resmi Kepolisian Malaysia terkait penangkapan WNI, Siti Aishah, atas pembunuhan Kim Jong Nam. (Istimewa/Strait Times)

Siti Aishah, 25, ditangkap pada Kamis 16 Februari setelah teridentifikasi dari rekaman CCTV di bandara internasional Malaysia. Sehari sebelumnya, perempuan asal Vietnam, Doan Thi Huong, 28, ditangkap saat sedang berusaha melarikan diri ke kampung halamannya.

Pengadilan memerintahkan Siti dan Doan ditahan selama tujuh hari dan penyidikan berlangsung. Keduanya diduga menyerang Kim Jong Nam di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada Senin 13 Februari pagi. Kala itu, Kim Jong Nam sedang bersiap memasuki pesawat ke Macau, yang menjadi tempat pengasingannya selama beberapa tahun terakhir. Para penyerang dilaporkan menyemprot racun di wajah Kim Jong Nam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya