Menkominfo: Akhir 2022, Internet Tersedia di 83.548 Desa/Kelurahan

Menteri Kominfo menyebut layanan internet bakal tersedia di desa dan kelurahan seluruh Indonesia pad akhir 2022.
Menkominfo: Akhir 2022, Internet Tersedia di 83.548 Desa/Kelurahan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi internet

Solopos.com, SOLO – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut kebutuhan internet di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia bakal terlayani pada akhir 2022. Pemerintah juga disebutnya menyiapkan akses internet di 150 ribu titik layanan publik pemerintah, kesehatan dan pendidikan.

Hal itu sebagaimana diterangkan Johnny dalam sambutan dalam Ijtima Sanawi Dewan Pengawas Syariah se-Indonesia 2021, secara daring dari Rumah Dinas Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (02/12/2021). “Di akhir tahun 2022 nanti seluruh desa dan kelurahan di Indonesia sebanyak 83.548 akan bisa melayani dengan akses internet. Dengan demikian, maka ekosistem digital di titik-titik terdepan layanan pemerintahan dan pelayanan publik bisa kita gerakkan dengan lebih baik, termasuk fintech, digital banking, electronic health, digital education technology (edutech) dan aspek-aspek layanan masyarakat maupun pemerintahan lainnya seperti smartcity,” beber Johnny sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Kementerian Kominfo.

Baca Juga: Asus ROG Phone 5s Dirilis Besok, Dibanderol Berapa Duit?

Johnny mengatakan Kementerian Kominfo telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital Tahun 2021-2024. Dalam peta jalan itu, empat sektor pilar strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital menjadi perhatian utama Pemerintah. Dari empat pilar tersebut diterjemahkan ke dalam total sekitar 100 inisiatif utama yang disusun di dalam peta Jalan Indonesia Digital 2020-2021 2024 tersebut.

Baca Juga: Menteri Johnny Bicara Peluang Besar Digitalisasi Keuangan Syariah

“Pilar infrastruktur digital ini penting yang memungkinkan enabler seluruh digital ecosystem kita. Bapak Presiden Joko Widodo memberikan guidance dan directive yang sangat tegas harus memperkecil disparitas digital wilayah. Kita harus menghadirkan ICT Infrastructure di seluruh wilayah tanah air, termasuk di desa dan kelurahan di wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal atau 3T,” ujarnya.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago