Menko Airlangga: Digitalisasi Olahraga & Prestasi Harus Selaras
Solopos.com|news

Menko Airlangga: Digitalisasi Olahraga & Prestasi Harus Selaras

Menko Airlangga Hartarto, menegaskan digitalisasi industri olahraga dan peningkatan prestasi harus tetap selaras di masa pandemi Covid-19

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menegaskan digitalisasi industri olahraga dan peningkatan prestasi harus tetap selaras di masa pandemi Covid-19. Apalagi dia melihat industri olahraga profesional sudah mulai pulih pada pertengahan 2020.

Hal itu ditandai dengan penyiaran sejumlah liga sepak bola dunia di televisi serta penyelenggaraan beberapa agenda olahraga, seperti Olimpiade Jepang dan Piala Eropa.

“Di awal pandemi terdapat peningkatan konsumsi media karena kebijakan untuk tetap berada di rumah. Ketiadaan acara live match membuat daya tarik TV menurun, sehingga industri olahraga yang memiliki layanan digital streaming service mengalami lonjakan pelanggan karena jadwalnya yang fleksibel,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Webinar Studium General dengan tema “Pengembangan Ekonomi Digital Pada Sektor Industri Olahraga”, di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Jika dilihat secara global, industri perlengkapan olahraga mengalami tekanan besar pada awal pandemi Covid-19. Tetapi industri olahraga online, salah satunya e-sport mengalami peningkatan intensitas penggunaan.

Melihat fenomena tersebut, industri olahraga nasional harus mampu menyesuaikan kondisi. Indonesia mempunyai potensi ekonomi digital yang sangat besar.

Baca juga: Pemerintah Dorong Olahraga Optimistis Lewati Pandemi

Ekonomi Digital

Ekonomi digital diprediksikan akan menyumbang USD 130-150 miliar dalam pertumbuhan PDB Indonesia pada tahun 2025. Bagi industri olahraga profesional nasional, gambaran dari Global Sport Innovation Center (GSIC) mengenai lima aspek utama dalam melakukan transformasi digital yang dapat menjadi perhatian, yaitu Fan Engagement, Smart Venue, latihan secara mandiri dengan bimbingan pelatihan secara virtual, Business insight dan produktifitas industri olahraga, dan E-Sport.

Saat ini pemerintah memiliki target capaian yang baru, yaitu sebanyak 30 juta unit UMKM on boarding di tahun 2023. Mulai 2021 hingga 2023 ditargetkan 6,1 juta UMKM on boarding setiap tahunnya sehingga mencapai 30 juta pada akhir 2023.

“Pemerintah akan terus memberikan dukungan dalam pengembangan ekonomi digital melalui pembangunan infrastruktur digital. Pemerintah akan terus melakukan perluasan wilayah 4G, pengembangan 5G, peluncuran satelit multifungsi SATRIA, serta pembangunan pusat data nasional,” ungkap Menko Airlangga.

Baca juga: 8 Curug Eksotis di Desa Wisata Ketenger Banyumas Suguhkan Keindahan Serupa di Swiss

Dari sisi regulasi, Pemerintah melalui UU Cipta Kerja juga memberikan dukungan bagi kemudahan perizinan berusaha dan upaya pengembangan infrastruktur digital, antara lain dengan mengatur tentang perluasan pembangunan infrastruktur broadband, penetapan batas atas dan/atau bawah dari tarif jasa telekomunikasi untuk menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat, serta mendorong kerjasama penggunaan spektrum frekuensi radio.

“Saya yakin bahwa kita semua memiliki semangat yang sama untuk memulihkan industri olahraga di tengah pandemi Covid-19. Industri olahraga perlu melakukan transformasi digital sebagai bentuk adaptasi terhadap dinamika yang terjadi akibat adanya akselerasi digitalisasi,” tuturnya.

Baca juga: Tragis! Fans Cilik Atletico Madrid Meninggal Dunia Saat Perayaan Gelar Juara

Prestasi

Namun digitalisasi juga perlu diiringi dengan peningkatan prestasi olahraga profesional. Pandemi ini diharapkan tidak menjadi penghalang untuk menurunkan intensitas latihan dan untuk tetap berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Pengembangan ekonomi digital pada sektor industri olahraga nasional tentunya tak terlepas dari prestasi olahraga dan pencapaian atlet Indonesia sehingga diharapkan kecintaan terhadap atlet dan tim nasional bisa terus terbangun.

“Diperlukan kolaborasi lintas stakeholders dan komitmen bersama untuk mewujudkan ekosistem ekonomi digital yang kondusif serta karir olahraga yang berprestasi sebagai enabler bagi pemulihan ekonomi nasional sekaligus mengharumkan nama bangsa,” pungkas Airlangga.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago