SOLOPOS.COM - Bantuan Pemerintah India untuk Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19, Liquid Medical Oxygen (LMO) sebanyak 100 MT dalam 5 tangki ISO Cryogenic. Juga 300 konsentrator oksigen. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Pandemi sudah berlangsung hampir dua tahun, solidaritas dan keterlibatan setiap negara untuk saling mendukung dalalam menghadapi krisis dan lonjakan kasus Covid-19 sangat dibutuhkan.

Salah satunya dengan saling mengirimkan bantuan peralatan kesehatan, vaksin, obat-obatan hingga oksigen medis. Contoh nyata solidaritas antar negara adalah yang dilakukan Pemerintah India yang membantu mengatasi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemerintah India melalui “Operation Samudra Setu” melakukan misi melawan Covid-19 dengan mengirimkan Kapal Perang India INS Airavat L24 untuk mengirimkan bantuan ke Pemerintah Indonesia.

Baca juga: Diharap Waspada! Persebaran Varian Delta Hampir Merata di Indonesia

INS Airavat L24 berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu (24/7/) lalu membawa bantuan dari Pemerintah India. Berupa Liquid Medical Oxygen (LMO) sebanyak 100 MT dalam 5 tangki ISO Cryogenic. Juga 300 konsentrator oksigen bagi penanganan Covid-19 di Indonesia.

“A friend in need is a friend indeed,” ujar Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Khumar Bharti saat mengapresiasi bantuan tabung oksigen dari Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu. Saat itu, India berjuang melawan gelombang kedua Covid-19.

Baca juga: Menko Airlangga Hartarto Ungkap Kunci Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia

Solidaritas Antar Negara Maritim

Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa selama ini India telah banyak membantu Indonesia. Yakni dalam memenuhi suplai vaksin Astra Zeneca yang diproduksi di India melalui fasilitas multilateral COVAX. Di samping itu, sudah semestinya bangsa Indonesia memberikan kemampuan terbaik dalam membantu negara yang sedang mengalami gelombang hebat pandemi.

“Merupakan kehormatan bagi saya untuk menyampaikan bahwa sesuai dengan semangat persahabatan dua negara maritim yang bertetangga ini. Pemerintah India membalas sikap baik Indonesia dengan mengirimkan bantuan medis yang sangat dibutuhkan Pemerintah Indonesia di masa krisis saat ini,” tutur Manoj Khumar Bharti secara tertulis.

Baca juga: Jepang Umumkan Nama Pelanggar Isolasi Mandiri

Menko Airlangga juga mengatakan bahwa inisiatif memberikan bantuan antar negara merupakan bentuk solidaritas. Tidak hanya dengan India, tetapi juga negara-negara lain seperti Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Ini sebagai pengingat. Bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19, kita harus menguatkan solidaritas. Terus bergandengan tangan sebagai sesama manusia. Agar pandemi ini bisa lebih mudah dihadapi dan dapat segera diakhiri,” kata Menko Airlangga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya