SOLOPOS.COM - Ilustrasi - Kapal tongkang pengangkut batu bara saat melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.(Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Perang Rusia dan Ukraina ternyata mendorong kenaikan harga-harga komoditas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan ada enam komoditas yang paling terdampak akibat konflik kedua negara. Sri Mulyani menyebut keenam komoditas itu, antara lain gas alam yang secara year to date (ytd) melonjak menjadi 58%, batu bara 92,9%, minyak mentah jenis brent 54%, CPO 27,0% serta jagung 26,7%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Komoditas gandum juga mengalami lonjakan harga lantaran Rusia dan Ukraina merupakan produsen penting gandum, yaitu 42,4%,” Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (28/3/2022).

Harga barang-barang ini, kata Sri Mulyani, merupakan barang yang menentukan core inflation atau inflasi inti karena komoditas ini juga menentukan harga energi dan harga pangan di negara barat maupun di Indonesia.

“Dia juga banyak sekali memengaruhi konsumsi yang sekarang basisnya adalah gandum atau corn atau dalam hal ini harga pangan untuk peternakan,” ujarnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Sri Mulyani Ungkap 6 Komoditas yang Paling Terdampak Akibat Perang Rusia vs Ukraina

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya