Menkes: Vaksinasi Cara Penting Tekan Covid-19

Menteri Kesehatan menegaskan sebanyak 100 juta penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.
Menkes: Vaksinasi Cara Penting Tekan Covid-19
SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengatakan vaksinasi merupakan upaya penting untuk menekan laju penularan Covid-19. Sampai Selasa (7/12/2021), 100 juta penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, tercatat sebanyak 100,03 juta orang sudah mendapatkan vaksinasi. Jumlah ini telah mencapai separuh total sasaran vaksinasi, yakni 208,2 juta orang.

Capaian vaksinasi tersebut dicapai berkat usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN, organisasi keagamaan dan sosial, dan pihak swasta yang turut membantu.

Baca juga: Capaian Vaksinasi 3 Daerah di Jateng di Bawah 70%, Mana Saja?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat.

“Vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam mengurangi laju penyebaran virus sehingga mengurangi lonjakan kasus dan membawa kita keluar dari pandemi. Capaian vaksinasi kita tak lepas dari modal sosial masyarakat Indonesia yang tinggi dengan saling bahu-membahu berpartisipasi dalam menyelenggarakan kegiatan vaksinasi,” kata Menkes, di Jakarta, Rabu (08/12/2021).

Selama ini Kementerian Kesehatan dibantu sejumlah instansi terkait telah menggelar vaksinasi massal di berbagai wilayah. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga terus berupaya mencukupi ketersediaan vaksin untuk seluruh masyarakat.

Baca juga: Postingan Warga DKI Jakarta Terpapar Omicron Dihapus, Kenapa?

Berdasarkan penjelasan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang dirilis di laman who.int, vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya yang dapat mencegah risiko kondisi buruk maupun kematian akibat infeksi virus corona, termasuk varian Omicron. Seperti diketahui saat ini seluruh negara di dunia sedang was-was menghadapi serangan Covid-19 varian Omicron yang paling awal terdeteksi di Benua Afrika.

Oleh sebab itu masyarakat Indonesia diminta untuk segera melakukan vaksinasi untuk membentuk kekebalan tubuh. Selain mendapat suntikan vaksin, menerapkan protokol kesehatan dengan ketat juga wajib dilakukan untuk mencegah risiko penularan Covid-19. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menjauhi kerumunan.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago