SOLOPOS.COM - Nafsiah Mboi (pesatnews.com)

Solopos.com, JAKARTA — Sebuah kelompok bernama Gerakan Indonesia Bersih  (GIB) melaporkan Menteri Kesehatan (Menkes), Nafsiah Mboi, ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (26/3/2014). Nafsiah Mboi dan sejumlah petinggi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dianggap telah melakukan tindakan korupsi secara bersama-sama.

“Beberapa pejabat yang kami sebutkan kepada pihak KPK antara lain Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Sekjen Kemenkes Supriyantoro, Dirjen Bina Upaya Sehat Akmal Taher, Dirjen P2PL Tjandra Yoga Aditama, serta Dirjen Bina Kefarmasian dan Alkes Maura Linda Sitanggang,” ujar Koordinator GIB, Adhie Massardi di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Adhie, sejumlah petinggi itu diduga terlibat korupsi di Kemenkes baik langsung maupun tidak langsung. “Dari total kerugian negara akibat korupsi disektor kesehatan Rp549 miliar, lebih dari setengahnya terjadi di Kemenkes,” kata dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Lanjut Adhie, modus korupsi Nafsiah Mboi menggunakan program kuratif, seperti pengadaan alat kesehatan, obat-obatan vaksin, pembangunan atau rehabilitasi RS, dan pembangunan laboratorium.”Hampir 70% anggaran di Kemenkes itu untuk program kuratif,” terang Adhie.

Hal itu, bisa dilihat dari berbagai kasus korupsi yang sudah ditangani KPK. Seperti pengadaan Alkes diberbagai daerah, vaksin, serta pembangunan laboratorium pernah masuk dalam daftar penyidikan KPK. “Untuk itu kami berharap, KPK segera menindaklanjuti laporan kami,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya