SOLOPOS.COM - Stadion Manahan Solo akan menjadi lokasi penutupan ASEAN Para Games (APG) 2022 pada Sabtu (6/8/2022) malam nanti. (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Solopos.com, SOLO – Sekretaris pelaksanaan Indonesian National Paralympic Organizing Comittee (INASPOC), Rima Ferdianto, memastikan Indonesia telah keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games (APG) 2022. Indonesia juga berhasil mematahkan mitos setiap gelaran APG.

Mitos yang dimaksud adanya anggapan bahwa tuan rumah APG tidak akan bisa keluar sebagai juara umum dalam pergelaran pesta olahraga penyandang disabilitas se-Asia Tenggara itu, apalagi dengan cara back to back. Terlihat dari tabel perolehan mendali, Indonesia mampu mematahkan mitos tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Fakta menariknya adalah di lima ASEAN Para Games terakhir yang namanya tuan rumah tidak pernah juara umum. Baru kali ini tuan rumah menjadi juara umum. Kita mematahkan mitos tersebut,” kata Rima Ferdianto, Sabtu (6/8/2022).

Secara terperinci, dari data yang ada tim Merah Putih mendulang 171 emas, 138 perak, dan 110 perunggu. Di sisi lain, Rima juga menyatakan dengan waktu persiapan penyelenggaraan hanya 4 bulan, banyak dari kontingen negara peserta APG 2022 mengaku memuji keberhasilan Indonesia.

“Mereka mengira bahwa memang kita sudah proper, sudah siap sejak lama. Nah itu mungkin yang kenyataan mereka yang tidak tahu persiapan singkat, tapi mereka intinya sangat senang sekali dengan perhelatan ini,” kata dia.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Juara Umum ASEAN Para Games dari Waktu ke Waktu

Sedangkan untuk persiapan closing ceremony, Rima mengatakan saat ini sudah dalam tahap akhir dan tinggal menunggu pembuktian pada Sabtu (6/8/2022) malam nanti.

“Inti acara dari closing ceremony adalah pemberian bendera-bendera APSF atau tuan rumah dari Indonesia yang saat ini menjadi host country kepada host country berikutnya yaitu Kamboja,” kata dia.

Rima menjelaskan pembedanya acara pada closing ceremony juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Ketika opening ceremony dibuka oleh Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin maka ketika closing sudah conform akan ditutup oleh Bapak Presiden Joko Widodo, kemudian nanti akan ada performer dari Kamboja.

Baca Juga: Berangkat ke Pakansari Dukung Persis Solo, Begini Pesan dari Pasoepati

“Jadi Kamboja mengirimkan sejumlah talent sekitar 50 lebih untuk ada kolaborasi kolaborasi performer atau dance dengan talent lokal kita,” jelasnya.

Selanjutnya, artis-artis juga akan perform kemudian akan ada pemadaman api obor APG dan penurunan bendera setiap kontingen di closing ceremony.

Defile setiap negara akan diganti dengan defile cabang olahraga yang dipertandingkan. Lalu, kawasan Stadion Manahan mulai dibuka pukul 15.00 WIB dan ditutup pukul 17.00 WIB. Tamu undangan dan peserta yang hadir di Manahan bakal menyaksikan prosesi secara offline sebelum disiarkan langsung oleh TVRI pada pukul 19.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya