SOLOPOS.COM - Candi Borobudur, salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Jawa. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pulau Jawa memang tak pernah mati untuk destinasi liburan. Semua jenis wisata pun tersedia lengkap di pulau ini. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner sudah sangat terkenal dan menjadi pusat traveling di Indonesia. Harga tiket bus untuk keliling Pulau Jawa pun cukup terjangkau.

Mari disimak tempat-tempat terbaik di Pulau Jawa berikut ini.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Bandung

Berangkat dari Jakarta ke Bandung dengan tiket bus mulai dari Rp90.000–Rp150.000 tergantung jenis bus atau travel yang dipilih. Harga tiket bus tersebut sudah termasuk fasilitas AC, reclining seat, dan bagasi. Perjalanan dari Jakarta ke Bandung memakan waktu sekitar 2–3 jam.

Kota Bandung terkenal akan wisata kulinernya dengan cita rasa pedas, karena sangat cocok dinikmati di udara yang dingin dan sejuk. Nikmati kuliner khas Bandung di Cuanki Serayu, Bacang Panas Braga, Lotek Kalipah Apo, dan Ronde Alkateri. Selain itu, terdapat destinasi wisata yang wajib dikunjungi, yaitu Farm House Lembang, Floating Market, Tangkuban Perahu, Wisata Alam Ranca Upas, dan Alun-Alun Kota Bandung.

Semarang

Perjalanan berlanjut dari Bandung menuju Semarang dengan harga tiket bus dimulai dari Rp165.000. Armada bus yang tersedia adalah Pahala Kencana, Aragon Shuttle, Harapan Jaya dengan durasi perjalanan selama 8–10 jam. Pilihlah titik penurunan di Alun-Alun Kota Semarang, agar kamu bisa langsung berjalan-jalan.

Lalu kamu bisa melanjutkan berwisata ke beberapa tempat, seperti Lawang Sewu (seribu pintu), Kampung Batik Semarang, Klenteng Sam Poo Kang, Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya, Pantai Marina, Masjid Agung Jawa Tengah, atau Kawasan Kota Lama. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Semarang, yakni lumpia, wingko babat, lapis legit, bandeng presto, tahu gimbal, tahu petis, dan soto Semarang.

Wisata di Pulau Jawa bisa dinikmati dengan perjalanan darat. (Ilustrasi/Istimewa)
Wisata di Pulau Jawa bisa dinikmati dengan perjalanan darat. (Ilustrasi/Istimewa)

Yogyakarta

Setelah itu, pesan tiket bus dari Semarang ke Yogyakarta dengan harga mulai dari Rp80.000. Di Kota Yogyakarta ini kamu bisa mengunjungi destinasi wisata sejarah, wisata alam, dan juga berbagai kuliner lezat. Pertama datanglah ke Keraton Yogyakarta atau Taman Sari untuk dapat melihat peninggalan sejarah.

Lalu kunjungi pula Pantai Parangtritis, Kaliadem dengan latar belakang Gunung Merapi, Wisata Kalibiru, dan Hutan Mangrove Kulon Progo. Selanjutnya nikmati berbagai kuliner khas Yogya seperti gudeg, sate ayam, nasi kucing angkringan, dan pecel di Jalan Malioboro.

Malang

Dari Jawa Tengah kita menuju ke Jawa Timur, tepatnya di Kota Malang. Harga tiket bus mulai dari Rp150.000 dengan durasi 5 jam perjalanan. Nah, di Kota Malang ini paling seru mengunjungi Gunung Bromo yang sudah terkenal akan keindahan pemandangannya.

Naik bus ke Terminal Bayu Angga Probolinggo dengan harga tiket bus sekitar Rp20.000–Rp35.000. Tiba di Probolinggo, lanjutkan perjalanan menggunakan mobil elf ke Cemoro Lawang, Bromo. Kamu pun bisa menyusuri Gunung Bromo dengan berjalan kaki.

Surabaya

Kota terakhir berkeliling Pulau Jawa adalah Surabaya. Tiket bus dari Malang ke Surabaya sekitar Rp100.000–Rp170.000. Kunjungi beberapa destinasi ikonik dari kota ini, yaitu Tugu Pahlawan, Museum 10 November, Patung Suro dan Boyo, Kebun Binatang Surabaya, Patung Buddha 4 Rupa, hingga Atlantis Land. Nikmati juga kuliner populernya, seperti Sate Klopo Ondomohen, Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Rawon Setan Mbak Endang, dan Ice Cream Zangrandi.

Nah, dari panduan di atas bisa menjadi gambaran kamu sebelum menjelajahi Pulau Jawa. Tak perlu khawatir, karena tiket bus di sekitarnya pun cukup terjangkau. Apalagi, harga tiket masuk ke tempat wisatanya juga tak mahal. Tunggu apa lagi? Segera rencanakan petualanganmu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya