Menjawab Rasa Penasaran Platform DNGA di Daihatsu All New Xenia

Desain mobilnya pun mengikuti gaya hidup modern yang stylish, ini pula yang terasa di Daihatsu All New Xenia.
Menjawab Rasa Penasaran Platform DNGA di Daihatsu All New Xenia
SOLOPOS.COM - Wajah Daihatsu All New Xenia. (daihatsu.co.id)

Solopos.com, SOLO — Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 membawa harapan baru bagi industri otomotif Tanah Air. Model baru bertaburan, begitupun fitur dan teknologi baru yang membuat pelaku bisnis otomotif optimistis menatap 2022. GIIAS juga menjadi momentum untuk mengejutkan pencinta Daihatsu, khususnya yang selama 18 tahun ini setiap dengan mobil sejuta umat Daihatsu Xenia. All New Xenia menjadi senjata utama Daihatsu di kelas Low MPV.

Pada hari perdana GIIAS 2021, Kamis (11/11/2021), Daihatsu meluncurkan All New Xenia yang memiliki tampilan baru. Kendaraan Low MPV berkapasitas 7 penumpang dari Daihatsu ini menjadi kejutan bagi para pelanggan setelah hadir selama 18 tahun di Indonesia sejak tahun 2004.

All New Xenia telah menerapkan platform berbasis Daihatsu New Global Architecture atau DNGA. Ini adalah platform terbaru Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memerhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Baca Juga: All New Xenia Magnet Kuat di Booth Daihatsu GIIAS 2021

All New Xenia hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu 1,3L dan 1,5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i serta transmisi CVT. Mesin dan teknologi tersebut membuat All New Xenia memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi yang halus, dan memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik.

Dalam hal keselamatan, All New Xenia dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advanced Safety Assist). Mobil keluarga yang sudah hadir sejak 2003 ini tersedia dalam 12 varian serta total tujuh pilihan warna.

“Melalui pameran GIIAS 2021 ini, kami berharap para pengunjung akan mendapatkan pengalaman berkesan dan tak terlupakan di booth Daihatsu. Kami juga memberikan kejutan spesial bagi pelanggan dengan menghadirkan All New Xenia, kendaraan LMPV Daihatsu yang sudah dikenal sebagai ‘Mobil Sejuta Umat’ dan setia menemani keluarga selama 18 tahun di Indonesia,” kata President Director of PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Toshinori Edamoto, dalam launching All New Xenia di GIIAS yang disiarkan live melalui aku Youtube Daihatsu Sahabatku, Kamis.

Bicara DNGA memang tak bisa dilepaskan dari Toyota New Global Architecture atau TNGA. Dikutip dari laman daihatsu.co.id, Toyota dan Daihatsu memang bersama-sama mengembangkan platform DNGA yang sebelumnya didahului dengan YNGA.

Baca Juga: Xenia Baru Ditarget Terjual 2500 Unit/Bulan

Walaupun Daihatsu telah menjadi anak perusahaan Toyota Motor Corporation (TMC), namun keduanya sementara memiliki pengembangan teknologi yang berbeda.

Ada beberapa perbedaan signifikan antara DNGA dan TNGA. Dari sisi pasar, DNGA berbeda dengan TNGA yang diterapkan pada Toyota. DNGA lebih berfokus pada mobil berkapasitas 1.500 cc ke bawah. Sedangkan TNGA memiliki segmentasi di atas Daihatsu dan diterapkan juga dalam kendaraan listrik. Untuk struktur konsep pengembangan ke depan tidaklah terlalu berbeda, seperti konsep pada mobil MPV Hybrid.

Daihatsu All New Xenia
Daihatsu All New Xenia

Di Jepang, Daihatsu sudah meluncurkan Tanto sebagai produk pertama yang menggunakan konsep DNGA. Platform inilah yang akan menjadi cikal bakal pengembangan kendaraan sejenis lainnya. Sementara dari sisi konsep, DNGA dikembangkan dengan menggunakan pemodelan konsep 1-1-1-1 yang berlandaskan filosofi improvement.

Baca Juga: Daihatsu Beri Tips Aman Bermanuver Bareng GT Radial

Dengan pengembangan yang memerhatikan segala aspek dari mulai ukuran sampai waktu produksi, konsep DNGA akan menghasilkan produk terbaik, termasuk Daihatsu All New Xenia. Mobil keluaran Daihatsu dengan konsep DNGA memiliki fitur yang lebih canggih dengan model terkini.

Soal pengalaman berkendara, mobil dengan konsep DNGA lebih memanjakan pengemudi dengan performa mesin mobil yang maksimal. Ada peningkatan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan. Desain mobilnya pun mengikuti gaya hidup modern yang stylish, ini pula yang terasa di Daihatsu All New Xenia.

Dengan mesin kendaraan halus, kendaraan ini dapat dimiliki dengan harga yang cukup terjangkau. Hadirnya Daihatsu berkonsep DNGA sejalan dengan visi Daihatsu Motor Co. Ltd yang ingin menjadi brand yang dekat dengan pelanggan.

“Daihatsu menjadi brand yang dekat dengan pelanggan dan meningkatkan kehidupan serta membangun mobilitas dengan menghadirkan mobil compact terbaik di dunia,” kata President Director Daihatsu Motor Co. Ltd., Soichiro Okudaira, saat rilis All New Xenia di GIIAS, Kamis.

Baca Juga: Daihatsu Rocky 1.2L Lolos Uji di 24 Kontur Jalan Indonesia

Sementara itu, ada sejumlah mobil Daihatsu yang sudah berkonsep DNGA. Di antaranya pada tahun 2019, di Jepang Daihatsu telah meluncurkan New Tanto dan New Daihatsu Rocky. Selanjutnya, pada 2020 Daihatsu New Taft mulai diperkenalkan dengan konsep DNGA.

Daihatsu Rocky yang juga dikenalkan di GIIAS merupakan mobil berjenis compact SUV. Sejak peluncurannya, kendaraan ini mendapatkan sambutan yang luar biasa. Kendaraan ini juga mendapatkan rating bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP yang diselenggarakan oleh Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago