SOLOPOS.COM - Suasana di dalam KRL lintas Solo Balapan-Palur saat uji coba, Senin (20/6/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan uji coba Kereta Rel Listrik atau KRL Lintas Solo Balapan-Palur pulang pergi (PP) pada Senin (20/6/2022) pagi.

Solopos.com berkesempatan mengikuti uji coba tersebut bersama beberapa pejabat PT KAI Daop VI Yogyakarta dan PT KCI. Rombongan berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 09.00 WIB dengan tujuan Stasiun Palur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekitar pukul 08.40 WIB rombongan uji coba mulai masuk ke KRL. Mereka bebas memilih tempat duduk di kereta yang terdiri atas delapan gerbong tersebut. Namun rombongan uji coba lebih memilih gerbong yang paling depan.

Sekira pukul 08.58 WIB terdengar peringatan agar semua penumpang segera masuk KRL Solo Balapan-Palur itu karena pintu akan ditutup. Lalu tepat pukul 09.01 WIB KRL mulai bergerak pelan meninggalkan Stasiun Solo Balapan ke arah Stasiun Palur.

Laju kereta tidak begitu cepat karena jarak antara Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Jebres yang merupakan pemberhentian pertama relatif dekat. Benar saja, hanya butuh waktu lima menit bagi KRL tiba di Stasiun Jebres.

Baca Juga: Beroperasi Juli 2022, Menhub dan Gibran Coba KRL Solo Balapan-Palur

Tepat pukul 09.06 WIB kereta sudah berhenti di Stasiun Jebres. Di stasiun ini kereta berhenti, dan pintu-pintu kereta dibuka. Tapi rombongan tidak keluar di stasiun ini. Sebab pukul 09.08 WIB kereta kembali bergerak.

Kali ini kereta menuju pemberhentian terakhir yaitu Stasiun Palur. Karena jarak yang lumayan jauh, laju kereta cukup kencang. Di jalur ini pun, para penumpang bisa lebih menikmati perjalanan atau laju KRL.

Pemandangan Alam

Kondisi di dalam KRL Solo Balapan-Palur yang nyaman dan adem bikin betah, ditambah pemandangan di sepanjang jalur ini yang lumayan variatif. Tidak hanya perkampungan atau permukiman padat penduduk yang terlihat di kanan-kiri jalur kereta. Tapi ada pemandangan alam yang cukup menarik.

Baca Juga: Cepat Banget! Segini Waktu Tempuh Solo Balapan-Palur Naik KRL

Seperti ketika kereta menyeberangi Sungai Bengawan Solo dan hamparan hijau lahan pertanian di wilayah Palur. Jika beruntung, penumpang bisa melihat aktivitas masyarakat di Sungai Bengawan Solo.

Ada juga aktivitas para petani yang mengolah lahan mereka. Tak terasa kereta tiba di Stasiun Palur pukul 09.13 WIB. Para penumpang pun langsung turun mengikuti para pejabat PT KAI dan PT KCI yang memimpin.

Di Stasiun Palur mereka melihat-lihat area luar atau halaman stasiun. Sesekali mereka terlibat perbincangan serius. Sayangnya tidak ada di antara mereka yang bersedia memberikan keterangan kepada awak media.

Baca Juga: Ini Keistimewaan Stasiun Palur Yang Akan Dilewati KRL Solo-Jogja

Baik catatan hasil uji coba maupun rencana pengoperasial KRL Stasiun Solo Balapan-Palur belum ada yang bersedia memberi keterangan. Mereka menjanjikan akan memberikan keterangan resmi terkait hasil uji coba dan operasi KRL pada Kamis (23/6/2022) pagi.

Berdasarkan catatan Solopos.com, perjalanan KRL dari Stasiun Solo Balapan hingga Stasiun Palur relatif lancar. Tak ada kendala apa pun selama perjalanan kereta itu, termasuk ketika kembali ke Stasiun Solo Balapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya