SOLOPOS.COM - Foto kejauhan perjalanan tim ekspedisi di Air Terjun Berambai. (Istimewa)

Solopos.com, BALIKPAPAN — Empat unit Daihatsu Terios dijajal ketangguhannya untuk mengeksplorasi pesona alam hingga kearifan lokal di kawasan calon ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders menjelajah tujuh destinasi menarik di berbagai kawasan di Kalimantan Timur lewat ekspedisi bertajuk New Capital Exploration. Ekspedisi ini diselenggarakan pada Rabu-Jumat (19-21/1/2022) dengan menempuh rute total sejauh kurang lebih 450 km menjelajahi Balikpapan, Penajam, Kutai, dan Samarinda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada hari pertama Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders mengunjungi dua destinasi. Hari berikutnya Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders melanjutkan perjalanannya menuju 4 destinasi, yakni Bukit Bangkirai, Air terjun Berambai, Kampung Tenun dan Rumah Tua, dan Mahakam River Cruise.

Baca Juga: Bikin Penggunanya Makin Eksis, Ini Teknologi dan Fitur Daihatsu Rocky

Ekspedisi yang menggunakan 4 unit Terios ini memulai perjalanan di hari keduanya pada Kamis (20/1/2022), menuju destinasi ketiga yaitu Bukit Bangkirai. Destinasi ini merupakan sebuah kawasan wisata hutan tropis dengan satwa yang dilindungi memiliki kawasan seluas mencapai 1.500 hektare.

 Terios 7 Wonders
Deretan unit Terios 7 Wonders di penginapan hutan tropis Bukit Bangkirai, Kutai. (Istimewa)

Tak hanya satwa, keunggulan kawasan ini adalah banyaknya pohon bangkirai yang tumbuh hingga 50 meter. Selain itu bukit bangkirai ini sering digunakan sebagai objek penelitian serta media pendidikan bagi berbagai lembaga di Indonesia karena banyaknya jenis flora dan fauna di dalamnya. Jembatan antar pohon menjadikan Bukit Bangkirai lebih menarik.

Selanjutnya, tim ekspedisi melanjutkan perjalanannya menuju destinasi keempat Air Terjun Berambai yang berlokasi di Samarinda. Air Terjun Berambai ini tidak sulit untuk ditemukan dan berlokasi tak jauh jika berjalan dari Samarinda.

Terios 7 wonders
Foto kejauhan kedatangan tim ekspedisi di Air Terjun Berambai. (Istimewa)

Baca Juga: Bermodal MPV Ini, Daihatsu Curi Hati Keluarga Indonesia

Ini menjadikan destinasi ini menjadi salah satu tempat wisata bagi masyarakat sekitar yang berakhir pekan. Lalu,Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders juga menuju destinasi berikutnya yaitu Kampung Tenun Samarinda yang merupakan sentra pengrajin sarung Samarinda.

Hampir semua penduduk lokal setempat memproduksi tenun, sederet dengan rumah panggung yang di bangun di area bekas rawa-rawa, serta berseberangan dengan sungai mahakam. Menilik sejarah singkat, pada 1668 silam banyak masyarakat Bugis Wajo berpindah dari Kesultanan Goa menuju Kesultanan Kutai di Kalimantan.

Terios 7 Wonders tenun samarinda
Aktivitas masyarakat di Kampung Tenun Samarinda. (Istimewa)

Rombongan ini diterima oleh sultan kutai saat itu dan memberikan warna baru bagi warga setempat, salah satunya penenun kain Samarinda yang masih eksis hingga saat ini.

Baca Juga: Penjualan Daihatsu Naik 22%, 3 Mobil Ini Paling Laris

Menutup petualangan hari kedua, Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders mengunjungi destinasi Mahakam River Cruise. Pada destinasi ini tim ekspedisi mengunjungi dan menikmati pemandangan Sungai Mahakam lebih dekat menggunakan Cruise Sungai Mahakam.

Sungai Mahakam juga merupakan salah satu sungai terbesar di Kalimantan dengan panjang mencapai sekitar 920 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya