SOLOPOS.COM - Webinar Creating Mentally Healthy Workplace, Kamis (28/10/2021). (Tangkapan layar Zoom)

Solopos.com, SOLO — Pernahkan Anda stres berat dengan tugas dari tempat kerja yang seperti tanpa jeda? Ataukah Anda pernah merasa depresi dan putus asa dengan relasi hubungan di lingkungan kerja?

Jika jawabannya iya, kemungkinan kesehatan mental Anda tengah bermasalah. Pengendalian diri dan dukungan rekan kerja serta atasan dapat membantu seorang pekerja keluar dari problem kesehatan mental.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan dokter spesialis kesehatan kerja dari Prodia Occupational Heath Institute, Liem Jen Fuk, dalam Webinar Creating Mentally Healthy Workplace, Kamis (28/10/2021).

Dalam acara yang digelar Prodia Jawa Tengah itu, Liem menyatakan kesehatan mental di tempat kerja penting untuk menjaga keseimbangan hidup sekaligus menjaga produktivitas.

Baca Juga: Stres Akibat Pandemi Bikin Generasi Milenial Sulit Ambil Keputusan

“Pekerja perlu menyadari sejauh mana batas kemampuannya. Kalau sudah enggak sanggup menghadapi tekanan, mungkin ada sesuatu,” ujar Liem.

Dia mengatakan tantangan pekerja kini berlipat dengan adanya pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020. Di satu sisi, kondisi tersebut dapat menciptakan kerja yang efisien dengan work from home (WFH).

Namun di sisi lain, tak sedikit yang akhirnya tertekan karena batas yang memisahkan antara kerja dan kehidupan pribadi semakin tipis. Apalagi pandemi juga memantik ketidakpastian ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan pekerja.

“Tidak dipungkiri kondisi pandemi semakin memengaruhi kesehatan mental. Jika tak terkendali, karyawan bisa stres di tempat kerja, burnout, cemas, depresi hingga yang terburuk bunuh diri,” tuturnya.

Baca Juga: Hilangkan Kecemasan dengan Hipnotis 5 Jari, Begini Caranya

Peran Penting Atasan

Kementerian Kesehatan mencatat ada 9,8% warga yang mengalami gangguan mental pada 2018. Di tahun yang sama, ada sekitar 6,1% warga penderita depresi. Dari jumlah itu, hanya 9% yang memiliki akses pengobatan atau konsultasi medis.

Adapun Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa pernah membuat survei kesehatan mental selama pandemi. Hasilnya, 66% responden mengalami depresi dan 63% merasa cemas akibat Covid-19.

Liem mengatakan kesehatan mental di tempat kerja tetap dapat terjaga di kondisi sulit apabila semua pihak dalam lingkungan kerja mengambil peran. Namun dia menekankan peran penting atasan dalam menciptakan iklim kerja yang suportif.

“Pimpinan mestinya paham dulu pentingnya kesehatan mental. Dari situ dia dapat mengidentifikasi sejak awal pekerjanya yang mengalami perubahan kondisi tertentu. Karyawan sendiri juga perlu terbuka jika ada masalah, perlu ada ruang konsultasi.”

Baca Juga: Generasi Muda Diingatkan untuk Kontrol Penggunaan Media Sosial

Psikolog dari Unika Soegijapranata, Christin Wibhowo, mengatakan kesehatan mental diperlukan agar fisik dapat digunakan secara normal dan produktif.

Selain itu kesehatan mental juga dapat menjaga jalinan hubungan personal dan mampu memperhatikan orang lain. Christin mengatakan orang yang memiliki kesehatan mental baik bukan berarti jarang atau tidak pernah stres.

“Kuncinya mengelola stres negatif atau distress yang bisa mengganggu kesehatan mental menjadi stress positif atau eustress. Caranya bisa dengan melihat masalah lebih jernih, tak membuat masalah jadi berlarut-larut, pengendalian diri dan kerja sama dengan rekan kerja. Eustress pada akhirnya bisa meningkatkan kemampuan kita,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya