SOLOPOS.COM - Dean Berta Vinales (Instagram)

Solopos.com, SOLO — Kabar duka datang dari ajang balapan motor internasional. Sepupu pembalap MotoGP, Maverick Vinales, yaitu Dean Berta Vinales harus kehilangan nyawa pada balap World Supersport (WorldSSP) 300.

Dean Berta Vinales, meninggal dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyo, Sabtu (25/9/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dikutip Antaranews dari Reuters, Sabtu, ajang pendukung World Superbike itu baru berlangsung sebelas putaran ketika pebalap Spanyol itu terlibat kecelakaan dengan tiga pesaingnya di tikungan 2 sehingga bendera merah terpaksa dikibarkan.

“Setelah insiden serius di Race 1 WorldSSP300, Dean Berta Vinales sayangnya meninggal karena cedera,” demikian pernyataan WSBK.

Baca Juga: Dean Berta Vinales Meninggal dalam Kecelakaan Balap Supersport 300

Latihan Bareng Maverick Vinales

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Dean Berta Vinales merupakan pembalap muda yang lahir pada 20 April 2006 di kota Palau-Saverdera, Spanyol.

Di keluarga Vinales, Dean Berta mengikuti karier para kakak sepupunya, yaitu Maverick Vinales dan Isaac Vinales sebagai pembalap. Dean Berta Vinales memulai debut balap profesionalnya dengan mengikuti ajang European Talent Cup (ETC) selama dua musim.

Sebelum meninggal dunia saat balap WorldSSP 300 di Jerez, hasil terbaik yang diraih Dean Berta adalah posisi ke-13 pada ajang ETC tahun 2020 lalu.

Baca Juga: IBL 2022 Dimulai 11 Januari, Luhut Merestui

Memasuki tahun 2021, ayah Maverick Vinales, yaitu Angel Vinales membuat tim balap yang bernama Vinales Racing Team. Tim ini memulai debut perdananya di WorldSSP 300 tahun 2021 menggunakan motor Yamaha YZF-R3.

Di Vinales Racing Team ini pun Dean Berta turun balap menggunakan nomor start #25 dan merupakan rookie bersama rekan setimnya, yaitu Kevin Sabatucci.

Dari keluarga Vinales, Dean Berta yang masih berusia 15 tahun ini memang sebagai pembalap muda yang terus dibina agar bisa menjadi penerus para kakak sepupunya ke jenjang MotoGP atau WorldSBK.

Latihannya pun kadang selalu bersama dengan Maverick Vinales dan Isaac Vinales menggunakan Minigp, motor sport dan juga motocross.

Baca Juga: IBL 2022 Dimulai 11 Januari, Luhut Merestui

Pada ajang WorldSSP 300 musim 2021, Dean Berta sedang menikmati performa terbaiknya sebagai rookie.

Penampilan terbaik Dean Berta yaitu meraih posisi keempat di seri Magny-Cours lalu pada Race 2, dan meraih posisi keenam juga di Race 2 seri Barcelona-Catalunya, setelah mencatat lap tercepat di Race 1.

Akhir pekan ini Dean Berta Vinales juga menunjukkan potensi besar dalam menghadapi putaran WorldSSP 300 di Spanyol. Dia mampu bersaing di grup terdepan dan memulai balap dari hasil Superpole terbaiknya. Sayangnya dia mengalami insiden kecelakaan dengan banyak pembalap di tikungan pertama.

Sempat mendapat pertolongan tim medis, sayangnya luka di kepala dan dadanya cukup parah hingga mengakibatkan Dean Berta Vinales meninggal dunia.

Baca Juga: Prediksi Persis Solo Vs AHHA PS Pati, Bisa Menang Laskar Sambernyawa?

Berikut Profil Singkat Sang Pembalap:

Nama: Dean Berta Vinales
Tempat/tanggal lahir: Spanyol, 20 April 2006
Tim balap: Vinales Racing Team
Karier balap:
– Eropean Talent Cup 2019 – 2020, posisi 13
– World Supersport 300 2021, posisi 22 dengan 26 poin
Instagram: @deanbertavinales21

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya