SOLOPOS.COM - Penyusuran Sungai Oya Kedungjati (Instagram/@ayodolan)

Solopos.com, BANTUL — Sebagai salah satu kawasan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kabupaten Bantul memiliki beragam destinasi wisata, khususnya wisata yang menyuguhkan keindahan alam. Pesona keindahan alam yang disuguhkan juga beragam, dari gua, sungai hingga pantai.

Salah satu sungai yang memberikan sensasi luar biasa adalah Kedugjati. Lokasinya berada di Selompamioro, Kecamatan Imogiri, persisnya di lembah Sungai Oya yang diapit oleh bukit-bukit karst yang hijau. Mengutip Liputan6.com, Minggu (15/8/2021), Sungai Oya terbentang 106 kilometer berhulu di Gunung Kidul dan bermuara di pantai selatan Jawa.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Kedungjati juga menyediakan paket wisata untuk menyusuri Sungai Oya dengan menggunakan perahu karet yang sudah dilengkapi dengan keamanan  yang sudah sesuai dengan standar yang diperlukan, salah satunya disediakan pemandu yang sudah profesional.

Sungai Oya Kedungjati
Sungai Oya Kedungjati

Baca Juga : PPKM Darurat, Pelaku Wisata Di Bantul Semakin Terpuruk

Ada dua jenis paket, yakni short trip dan long trip dengan harga dan jarak tempuh berbeda. Untukshort trip dibanderol Rp150.000/perahu dengan jarak satu kilometer. Sedangkan long trip dibanderol Rp250.000 dengan jarak kurang lebih 5,4 kilometer. Masing-masing paket juga sudah disediakan minuman kelapa muda untuk mengobati dahaga selama trip berlangsung.

Dalam penyusuran sungai ini pengunjung bisa menukmati berbagai pemandangan, seperti tebing-tebing bebatuan dan juga pohon ingas yang umurnya sudah satu abad lebih. Di tebing bebatuan terdapat batu yang bentuknya menyerupai batu kubah masjid. Karena bentuknya ini, batu itu disebut oleh masyarakat sekitar sebagai batu masjid.

Ketua Pemuda Kedungjati, Martoyo, mengatakan untuk memperkuat destinasi dan pengelolaannya, dirinya bersama warga setempat juga telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Sungai Oya Kedungjati. Dirinya beserta timnya dalam Pokdarwis telah dibina oleh Wisata Selopark Adventure yang telah ada terlebih dahulu, sehingga pengunjung yang naik perahu untuk meyusuri sungai dimasukan dalam program asuransi.

Baca Juga : Pengumuman, Jl. Jenderal Sudirman di Bantul Bakal Ditutup Full Sabtu-Minggu

Akses menuju Kedungjati tidaklah rumit. Rute dari Kota Jogja menuju Imogiri kemudian sebelum pertigaan menuju Gunung Kidul, belok kiri menuju Selopamioro Adventure Park. Kedungjati ini juga menjadi rute untuk bersepeda yang asyik.

Tak butuh waktu lama saat sudah sampai ke sana, pengunjung dapat merasakan sensasi pengalaman yang mengesankan yang merupakan kombinasi pemandangan alam dan aktivitas susur sungai sehingga dapat mengobati rasa kepenatan dan memberikan kesegaran jiwa.

Salah satu pengunjung  mengaku ketagihan untuk berkunjung ke Kedungjati. Dirinya mengaku sangat berkesan dengan tempat wisata alam ini karena aliran sungainya sangat bersih dan masih banyak pepohonan rindang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya