SOLOPOS.COM - Bukit Cilenguk. (Instagram/@bukitcilenguk)

Solopos.com, BOYOLALI — Kecamatan Selo memiliki banyak objek wisata dengan latar dua gunung yakni Merapi dan Merbabu. Di daerah Boyolali ini terdapat destinasi wisata Bukit Cilenguk yang juga menjadi tempat petilasan.

Berdasarkan keterangan di bio akun Instagram @bukitcilenguk, objek wisata ini dahulunya merupakan tempat petilasan Sri Susuhan Pakubuwono X.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Pada bukit ini terdapat pohon-pohon berukuran besar sehingga dapat berfoto aesthethic. Wisatawan yang datang juga dapat mengabadikan momen di antara pohon-pohon dengan latar gunung merapi. Dari tempat ini, Gunung setinggi 2.910 Mdpl ini tampak megah dan indah.

Baca Juga: Gunung Srandil, Destinasi Wisata Religi Cilacap yang Dipenuhi Petilasan

Bukit Cilenguk ini berlokasi di Dukuh Tritis, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali atau dapat di temukan lewat Maps bernama Bukit Cilenguk. Saat ke lokasi petilasan ini tidak ditarif biaya masuk. Namun, Anda dianjurkan mengisi kotak amal yang disiapkan di depan bangunan seperti rumah.

Hasil uang tersebut nantinya digunakan untuk membiaya fasilitas dan kebersihan di tempat petilasan Pakubuwono X. Wisatawan yang berkunjung di Bukit Cilenguk diharapkan menjaga kebersihan dan bersikap sopan.

Petilasan Lain di Boyolali

Raja Solo yang berkuasa sejak 1839 hingga 1939 ini memiliki sejumlah petilasan di Kabupaten Boyolali. Selain Bukit Cilenguk di Selo, Boyolali, ada Pesanggarahan Pracimahoro yang didirikan Pakubuwono IV di Dukuh Krapayak, Desa Paras, Cepogo

Dikutip dari laman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali, Pesangrahan Pracimahoro menjadi petilasan salat Pakubuwono X. Raja Solo itu juga bertemu dengan Pangeran Diponegoro di petilasan tersebut.

Baca Juga: Buper Pleseran, Destinasi Wisata Favorit Warga Bali saat di Karanganyar

Pesanggrahan ini disebut seperti miniatur keraton lantaran terdapat pendapa, tamansari yang lengkap, dan dalem ageng yang kerap digunakan Pakubuwono X tetirah atau tempat singgah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya