SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan sejumlah pihak terus menyelesaikan kegiatan untuk mendukung transportasi terintegrasi.

“Memang di saat pandemi dan adanya krisis menjadi penyemangat bagi Kemenhub untuk bisa tetap menyelesaikan semua kegiatan. Yakni dengan cara bekerja sama dengan masyarakat atau pihak swasta,” ujar Menhub Budi saat berbicara di Solopos talkshow virtual, Rabu (18/8/2021) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Menhub, Solopos talkshow virtual juga menghadirkan juga Direktur Utama (Dirut) PT KAI, Didiek Hartantyo, Plt Dirut KCI, Roppiq Lutzfi Azhar. Komunitas pengguna moda transportasi/Pramekers, Yusticia Ida dan pengamat transportasi, Djoko Setijowarno.

Baca juga: Terus Menurun, Begini Kondisi BOR RS dan Kasus Covid-19 Kota Solo

Selain itu, ada juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka diwakili Kepala Dishub Solo Hari Prihatno dan Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti. Kemudian Epidemiolog dan dokter RS UNS Solo, dr Tonang Dwi Adtyanto dan juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi.

Talkshow tentang Merdeka Bertransportasi ini didukung PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Dipandu langsung oleh Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo. Disiarkan langsung di Youtube SoloposTV, Facebook Solopos.com, Instagram @koransolopos. Juga kanal Youtube Commuter Channel.

Menurut Menhub, pembangunan infrastruktur pun terus berjalan dengan menggandeng pihak swasta. Karena model angkutan massa menjadi keniscayaan dari sebuah kota. Untuk itu bagaimana menciptakannya agar tidak macet dan tetap ramah lingkungan.

Baca juga: 72 Warga Terdampak Rel Layang Joglo Solo Keberatan Hasil Pendataan Lahan dan Bangunan

Transportasi yang terintegrasi juga memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan. Seperti di Solo terminal terintegrasi dengan stasiun KA. Stasiun KA terintergrasi dengan BST dan kereta bandara.

“Kemudian adanya elektrifikasi pada kereta api yakni KRL Solo-Jogja dan sebaliknya. Juga stasiun Tugu menuju Bandara YIA tentu member kemudahan transportasi bagi masyarakat. Ini harus dijaga bersama,” jelasnya.

Baca juga: Menhub Budi Karya Hadiri Talkshow Virtual Merdeka Bertransportasi Malam Ini

Transportasi Terintegrasi Didukung Prokes

Memang sektor transportasi sempat terpuruk saat pandemi. Karena masyarakat ada yang khawatir dengan adanya risiko penularan Covid-19. Untuk itu Kemenhub pun menerapkan sejumlah aturan.

Seperti pembatasan penumpang kereta api dan transportasi lain, dan pengetatan persyaratan termasuk vaksinasi. Untuk mendukung itu, lanjut Menhub, kemenhub pun berkolaborasi dengan sejumlah pihak melaksanakan vaksinasi.

“Karena Merdeka Bertranspotasi tidak hanya didukung fasilitas namun juga harus diikuti dengan penerapan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat tetap berkegiatan agar ekonomi tetap bergerak.

Merdeka Bertransportasi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya