SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu Menteri Transportasi Prancis Clément Beaune di Paris, Prancis, Jumat (2/9/2022) untuk membahas sejumlah peluang kerja sama kedua negara di sektor transportasi. (Kemenhub)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, bertemu Menteri Transportasi Prancis, Clément Beaune, di Paris, Prancis, Jumat (2/9/2022) untuk membahas sejumlah peluang kerja sama di sektor transportasi.

“Kami mendapat sambutan yang hangat dari Mr. Clément Beaune. Semoga pertemuan ini dapat memperkuat kerja sama yang menguntungkan kedua negara,” kata Menhub dalam keterangan resminya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menhub mengungkapkan sejumlah hal dibahas dalam pertemuan ini. Dimulai dari sektor kereta api. Kerja sama di bidang perkeretaapian terkait rencana pembangunan kereta cepat yang akan dilanjutkan sampai Surabaya dan angkutan perkotaan LRT Jabodebek.

“Kami mencari kemungkinan kerja sama dengan salah satu operator di Prancis,” ujarnya.

Selanjutnya, Menhub juga mengajak perusahaan sektor pelayaran Prancis untuk berkolaborasi dalam pengembangan pelabuhan Patimban, khususnya meningkatkan utilisasi dan lalu lintas pelayaran di pelabuhan tersebut.

Baca Juga : Potensi Pasar Menjanjikan, Segini Tarif Naik Helikopter Sekali Terbang

Di sektor penerbangan, Menhub menawarkan kerja sama pengadaan suku cadang pesawat dengan standar keselamatan yang baik.

“Kami juga meminta dukungan Prancis dalam upaya meningkatkan jumlah armada pesawat di Indonesia yang berkurang akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Menhub juga mengundang perusahaan asal Prancis untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur transportasi di Ibu Kota Baru Negara (IKN).

Dia menjelaskan sistem transportasi yang akan dibangun mengutamakan angkutan massal dengan energi terbarukan yang ramah lingkungan, seperti kendaraan listrik dan otonom.

Baca Juga : Transportasi di IKN akan Pakai Kereta Gantung, Menhub Lirik Perusahaan Austria

Pada kesempatan tersebut Menhub mengundang Menteri Transportasi Prancis untuk menghadiri side event G20 di Bali, yaitu Forum Dialog Penerbangan (Aviation Dialogue) bertema Financial Measures for the Aviation Recovery.

Forum ini menjadi ajang bertukar pengalaman antarnegara dalam menghadapi tantangan pemulihan industri penerbangan, khususnya mekanisme pembiayaan.

Dalam kunjungannya ke Prancis, Menhub juga menemui sejumlah pihak, yakni pimpinan Aeroports de Paris, CEO Crossrail International Paul Dyson, dan Country Director Asia Pacific Systra Group Abdelghani.

Systra Group dan Crossrail Internasional telah berpartisipasi dalam proyek LRT Jabodebek tahap 1 sebagai konsultan. Kedua perusahaan tersebut diharapkan dapat kembali berpartisipasi pada proyek LRT Jabodebek tahap 2.

Baca Juga : Wow! Runway Bandara Dhoho di Kediri Lebih Panjang dari 3 Bandara Ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya