top ear
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang di acara podcast Deddy Corbuzier. (Youtube-Deddy Corbuzier)
  • SOLOPOS.COM
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang di acara podcast Deddy Corbuzier. (Youtube-Deddy Corbuzier)

Menhub Blak-Blakan ke Deddy Corbuzier soal 59 Negara Tutup Pintu bagi WNI

Diterbitkan Kamis, 17/09/2020 - 23:35 WIB
oleh Solopos.com/Rinaldi Mohammad Azka
3 menit baca

Solopos.com, JAKARTA — Secara resmi tak banyak ada pengakuan negara bahwa hingga kini sudah 59 negara menutup pintu bagi warga negara Indonesia (WNI) karena tingkat penularan Covid-19 yang cukup tinggi. Namun, Menhub Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan gamblang soal pelarangan 59 negara atas masuknya WNI itu secara gamblang dalam Podcast #closethedoor Deddy Corbuzier.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang akrab disapa BKS ini menyebut pemerintah Indonesia terus berupaya agar lebih baik dalam penanganan Covid-19. Selain itu, sebenarnya banyak negara yang bernasib sama seperti Indonesia dan cenderung dihindari oleh negara lain.

"Saya pikir itu berlaku tidak hanya di Indonesia saja, kalau kita bandingkan dengan negara-negara besar, [seperti] India, AS, Italia, dan sebagainya, kita itu angka-angka itu lebih baik, tapi bukan berarti kita tidak berusaha menjadi lebih baik," kata Menhub dalam Podcast #closethedoor Deddy Corbuzier yang dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Kamis (17/9/2020).

Kejutkan Fans dengan Teaser Misterius, CL 2NE1 Comeback Senin!

Menhub juga menegaskan Presiden Joko Widodo juga sempat menyatakan bahwa kesehatan adalah yang utama dan tidak bisa ditawar-tawar lagi, termasuk dana dan protokol kesehatan tidak dapat ditawar. Adapun, untuk mengantisipasi kegiatan ekonomi, Kementerian berupaya menyerap anggaran belanja secara optimal untuk menggerakkan kegiatan masyarakat.

"Anggaran saya dapat Rp35 triliun itu harus bisa diserap, kalau bisa di atas 95%. Apa artinya, saya sehari bisa vidcon [video conference] tujuh kali, tiap minggu ke daerah. Saya pastikan supaya penyerapan ada, kalau penyerapan ada, itu ada uang yg bergulir, kalau ada uang bergulir masyarakat bisa ikut menikmati uang yang beredar," ujarnya.

Transportasi Tetap Lancar

Dia juga menyebut kemudahan-kemudahan juga diberikan kepada para operator transportasi yang sebelumnya dibahas melalui diskusi. Aktivitas ekonomi di sektor transportasi diharapkan tetap berjalan kendati masih terbatas. "Itu jalan sekarang, improve-lah. Jadi memang yang harus diberikan kepada masyarakat harus disiplin dan konsisten," ungkapnya.

Serial Thailand The Gifted: Graduation Trending di Tayang Perdana

Kehadiran Menhub Budi Karya Sumadi  di dalam konten Podcast #closethedoor Deddy Corbuzier tersebut adalah untuk mengklarifikasi beberapa pemberitaan soal Covid-19 di sektor transportasi, menjelaskan prosedur perumusan protokol kesehatan, meyakinkan masyarakat soal amannya naik pesawat hingga mengajak Deddy Corbuzier mencoba MRT dan bersepeda.

"Saya datang ke sini minta bantuan bahwa berita-berita itu tidak semuanya benar, ada 10 berita baik, ada satu kesalahan. Contoh di kereta api atau pesawat, kita kawal ketat. Eselon satu saya, senin pagi jam 05.00 sudah di sana [Stasiun Bogor], Ibu Polana [Kepala Badan] Pengelola [Transportasi] Jabodetabek, mengatur, begitu penumpang kereta api berlebih itu harus naik bus," kata Budi.

Tak Takut Bepergian

Dia berpendapat ketika ada kesalahan satu saja, itu yang menjadi sorotan utama pemberitaan, seperti antrean pengguna KRL yang terjadi di Stasiun Bogor. Menurutnya, antrean hanya terjadi 5-10 menit, setelah itu kembali lancar. Budi juga mengajak masyarakat agar tidak takut untuk bepergian menggunakan pesawat. Pasalnya, teknologi filter pesawat High Efficiency Particulate Air (HEPA) memungkinkan adanya sirkulasi udara dalam pesawat setiap 2 menit.

13 Peti Mati Warga Kelas Menengah Mesir Kuno Ditemukan di Sahara

Dengan begitu, udara di dalam pesawat selalu baru, bahkan teknologi ini pun diadaptasi dalam berbagai bentuk guna membuat ruangan bebas dari virus dan penyakit seperti saat ini. "Tak perlu takut, pesawat ada teknologi namanya HEPA, menyirkulasikan udara, tiap 2 menit keluar udaranya. Satu pesawat dengan satu ruangan pakai AC seperti ini [menunjuk studio podcast], inikan selama 30 menit atau satu jam bergulir di sini. Itu dua menit keluar, jadi lebih aman," katanya.

Menhub yang sempat terpapar Covid-19 pada Maret-April 2020 juga menyebut dirinya sudah cukup sehat dengan membiasakan olahraga berjalan kaki 5 Km selama 1 jam.

Dia pun menantang Deddy untuk bersepeda bersama mencoba menaiki Moda Raya Terpadu (MRT) dan berkeliling DKI Jakarta sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 


Editor : Profile Rahmat Wibisono
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

    berita terpopuler

    Iklan Baris

    Properti Solo & Jogja

    berita terkini