SOLOPOS.COM - Klay Thompson tidak termasuk dalam 75 pemain terbaik NBA. (Instagram @sportscenter)

Solopos.com, SOLO — Pemain bola basket profesional Amerika Serikat, Klay Alexander Thompson, atau sering disebut Klay Thompson merupakan pemain Golden State Warrior yang dikenal irit dribble dan ahli menembak tiga angka.

Klay Thompson beberapa kali meraih prestasi bersama Warriors. Salah satunya membawa timnya Golden State Warriors, 3 kali meraih gelar juara National Basketball Association (NBA) League.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia juga pernah meraih prestasi three point contest pada tahun 2016, 5 kali tergabung dalam NBA All-Star Game, dan 2 kali All-NBA Team.

Baca Juga : Sambut FIBA Asia, IBF Cari Bakat di Lima Kota

Ekspedisi Mudik 2024

Bagi Anda yang belum mengetahui siapa Klay Thompson, berikut beberapa hal menarik tentang Klay Thompson yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber.

1. Absen bermain basket selama 2,5 tahun

Klay Thompson cedera
Klay Thompson absen bermain basket selama 2,5 tahun. (Instagram @klaythompson)

Klay Thompson terakhir kali bermain Rabu (13/6/2019) pada pertandingan keenam NBA Finals melawan Toronto Raptors. Saat itu Klay sapaan akrabnya mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada lutut kiri.

Hal itu membuatnya harus masuk ke ruang ganti lebih cepat. Cedera itu mengharuskan Klay beristirahat lebih dari satu tahun.

Baca Juga : Fakta Unik Stephen Curry, Pencetak Tiga Angka Golden State Warriors

Sayangnya, Klay kembali cedera saat berlatih untuk bersiap-siap main pada November 2020. Kali ini Klay mengalami cedera achilles pada kaki kanan. Ia lagi-lagi harus beristirahat lebih dari satu tahun.

Senin (10/1/2022) Klay kembali bermain setelah sembuh dari cedera. Terhitung 941 hari Klay absen dari Golden State Warriors.

Pertandingan pada awal pekan ini menandai kembalinya duet Curry dan Klay yang dijuluki Splash Brothers. Klay dimainkan sejak menit pertama saat melawan Cleveland Cavaliers di Chese Center San Francisco, California. Pada pertandingan itu ia mencetak 17 angka selama 19 menit bermain.

Baca Juga : Tim Basket West Bandits Solo Datangkan Dua Pemain Asing

2. Tidak termasuk 75 pemain terbaik NBA

pebasket Klay Thompson
Klay Thompson tidak termasuk dalam 75 pemain terbaik NBA. (Instagram @sportscenter)

NBA merilis 75 pemain terbaik saat momen hari jadi ke-75 NBA. Para pemain hebat, seperti Lebron James, Michael Jordan, dan Steven Curry masuk dalam daftar.

Anehnya, Klay Thompson tidak terdaftar dalam 75 pemain terbaik NBA. Mengingat Klay pemain yang meraih 3 kali gelar NBA dan satu kali menjuarai three point contest.

Hal itu memicu kontroversi dari banyak pecinta NBA perihal aspek yang menjadi pertimbangan pemilihan 75 pemain terbaik NBA.

Baca Juga : Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Indonesia Bangun Stadion Megah

Klay merespons dengan membuat baju khusus nomor 77. Ia mengunggah gambar pada Instagram dengan tulisan “Maybe I’m just naive in my ability to play basketball but in my head I’am top 75 all time”.

3. Sang pencetak rekor

pebasket Klay Thompson
Pemain basket, Klay Thompson, sang pencetak rekor berpose bersama piala. (Instagram @klaythompson)

Klay tercatat mencetak rekor saat bertanding melawan Chicago Bulls Selasa (30/10/ 2018) di United Arena Illinois, Amerika. Saat itu klay mencetak 52 angka hanya dalam 38 menit.

Hebatnya, ia mencetak tiga poin sebanyak 14 kali. Itu membuatnya menjadi pencetak rekor tiga angka terbanyak dalam satu pertandingan.

Baca Juga : Hore! Liga Basket Mahasiswa Bergulir Kembali

Hal itu sekaligus mengungguli rekor rekan setimnya, Stephen Curry yang mencetak tiga angka sebanyak 13 kali dalam satu pertandingan.



Pada tahun 2015, Klay Thompson juga membuat para fans NBA terkesan. Pasalnya pada saat itu ia mencatatkan namanya sebagai pemain dengan raihan angka terbanyak dalam satu quarter.

Dirinya mencetak 37 poin. Hal itu ia lakukan dengan 13 kali percobaan tembakan tanpa meleset. Sebanyak 9 tembakan tiga angka membuat Klay menyamai rekor Ty Lawson dalam Field Goal Percentage atau persentase keberhasilan tembakan terbanyak dalam satu quarter.

Baca Juga : Upaya KOI Agar Indonesia Terbebas dari Sanksi WADA

4. Lahir di keluarga pebasket

pebasket klay thompson bersama keluarga
Pemain basket, Klay Thompson berpose bersama keluarganya. (Instagram @klaythompson)

Sama halnya dengan Stephen Curry, Klay Thompson juga dilahirkan dari keluarga atlet. Ayah Klay, Mychal Thompson merupakan pemain NBA yang meraih 2 kali gelar pada tahun 1987 dan 1988 bersama Los Angeles Lakers.

Klay juga memiliki saudara kandung yang merupakan atlet, yaitu Mychel Thompson, kakaknya sebagai atlet baseball. Adiknya, Trayce Thompson sebagai pemain basket. Sayangnya karier saudaranya tak secemerlang Klay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya