SOLOPOS.COM - Curug Gemawang Candirenggo (Sumber:Kebumen.go.id)

Solopos.com, KEBUMEN — Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, merupakan gudang wisata alam yang memukau. Selain pantai dan beragam gua, terdapat juga mutiara tersembunyi berupa air terjun yang dikenal dengan nama Curug Gemawang.

Mengutip dari Kebumenkab.go.id, Senin (13/9/2021), Curug Gemawang yang berada di Desa Candirenggo ini tidak diketahui oleh masyarakat luas. Namun Curug Gemawang ini memiliki potensi wisata yang besar karena keasrian yang dimiliki.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Curug ni memiliki dua undakan dengan total tinggi sekitar 35 meter dan berdasarkan informasi yang diperoleh dari Lintas Kebumen, Curug Gemawang ini berjarak 2—meter dari jalan  raya Candirenggo, Tlogosari, Kabupaten Kebumen.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Pemuda Blora Pelaku Pencabulan Bocah Ditangkap Polisi

Curug Gemawang sendiri berada di alur sungai yang merupakan anak sungai Kali Ijo dan berjarak sekitar 750 meter kearah timur laut Gua Petruk. Sungai ini menjadi aliran Curug Gemawang yang merupakan perpaduan dari sungai kecil yang berhulu di perbukitan Karst, seperti Bukit Durenrenteng  yang elevasinya mencapai 234 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga air yang mengalir dari Curug Gemawang ini terasa segar.

Jika musim penghujan, debit airnya tidak terlalu besar dan sebaliknya saat musim kemarau juga tidak akan kering kerontang. Karena lokasinya yang cukup terpelosok, hanya para pecinta alam saja yang mengetahui tempat keberadaan Curug Gemawang ini. Potensi wisatanya tinggi, selain indah dan asri, lokasinya juga tidak jauh dari Gua Petruk dan Pantai Lhogending sehingga kedepannya bisa untuk dikembangkan.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, pengunjung harus super hati-hati karena medan jalannya belum kondusif dan banyak bebatuan licin. Karena kondisi medan inilah, Curug Gemawang belum banyak dikunjungi masyarakat luas. Apalagi pengunjung masih harus tanya-tanya dengan warga sekitar untuk mengetahui keberadaan pasti Curug Gemawang ini.

Baca Juga:Wajib Dicicipi, Ini 5 Warung Mi Ongklok yang Terkenal Enak di Wonosobo Lur!

Namun untuk menuju Desa Candirejo, bisa mengambil dari arah Jalan Raya Nasional – Rowokele Ijo – Tambak dan kemudian mengambil rute menuju Goa Jatijajar, Goa Petruk dan Pantai Lhogending. Setelah itu akan ditemukan pertigaan yang dikenal dengan Pertigaan Tepa Desa di Desa Candirenggo

Setelah ambil jalan lurus, pengunjung akan melewati SDN 2 Candirenggo, lurus saja karena sudah tidak jauh dari sekolah tersebut. Karena tak ada petunjuk jalan mulailah Anda bertanya ke warga sekitar. Curug ini tepatnya berada di lekukan Karst Candirenggo sehingga tidak salah jika tempat ini disebut sebagai salah satu mitara yang tersembunyi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya