top ear
Pengunjung berenang di Umbul Besuki di Ponggok, Polanharjo, Klaten. (Solopos-Ponco Suseno)
  • SOLOPOS.COM
    Pengunjung berenang di Umbul Besuki di Ponggok, Polanharjo, Klaten. (Solopos-Ponco Suseno)

Mengintip Pesona Umbul Besuki, Wisata Air Dekat Umbul Ponggok Klaten

Wisata Klaten bertambah yakni Umbul Besuki di Ponggok.
Diterbitkan Sabtu, 11/01/2020 - 12:30 WIB
oleh Solopos.com/Ponco Suseno
2 menit baca

Solopos.com, KLATEN — Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, selama ini dikenal lantaran memiliki Umbul Ponggok. Padahal, di desa tersebut terdapat beberapa mata air alias umbul selain Ponggok, salah satunya bernama Umbul Besuki.

Umbul Besuki dapat disebut sebagai objek wisata baru di Ponggok. Lokasi Umbul Besuki tak jauh dari Umbul Ponggok. Umbul ini sangat dekat dengan objek wisata lainnya di Ponggok, yakni Bale Tirto.

Di umbul ini, para pengunjung dapat mandi dengan mata air yang jernih dengan suasana pepohonan lumayan rindang. Pengelola Umbul Besuki berusaha menjual kompleks alam di sekitarnya juga.

“Umbul Besuki diharapkan dapat melengkapi Umbul Ponggok. Jika tiket Umbul Ponggok senilai Rp15.000 per orang. Di Umbul Besuki cukup Rp3.000 per orang. Ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi warga yang ingin menikmati objek wisata air di kawasan Ponggok. Harga tiketnya pun lumayan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata Kepala Desa (Kades) Ponggok, Junaedi Mulyono, kepada solopos.com, Jumat (10/1/2020).

Umbul Besuki bermula dari mata air kecil. Selanjutnya, umbul tersebut dikembangkan oleh pihak desa setempat sejak delapan bulan silam. Umbul Besuki memiliki kedalaman air kurang lebih 1,5 meter.

Pemanfaatan Umbul Besuki sebagai bagian dari objek wisata juga bertujuan menyelamatkan sumber mata air di Ponggok.

“Dengan dijadikan objek wisata, sumber di sini tetap terjaga. Jika pengunjung di Umbul Ponggok membeludak, kami persilakan datang ke Umbul Besuki,” katanya.

Gedung Terbesar Klaten Dilengkapi Joglo dan Lahan Parkir Luas

Suasana di Umbul Besuki masih berupa alam luas. Setiap pengunjung yang masuk ke umbul ini dapat melihat pepohonan rindang. Di sekitar umbul juga terdapat tempat beristirahat, penjual makanan dan minuman, serta lahan parkir kendaraan.

“Di sini juga dekat dengan fasilitas homestay. Bagi pegunjung yang ingin ganti baju, bisa dilakukan di kompleks homestay karena jaraknya yang dekat. Dengan adanya Umbul Besuki, semoga Ponggok semakin dikenal dengan berbagai objek wisata yang ada. Kami optimistis, Umbul Besuki ini juga akan booming seperti di Ponggok. Wisata air seperti ini masih disukai banyak orang,” katanya.

Editor : Profile Rohmah Ermawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja

Iklan Baris

berita terkini