top ear
Kakek Budiyono saat ditemukan warga kali pertama dalam kondisi linglung di Perumahan Queen Garden V Baki, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Senin (20/7/2020). (Istimewa/Yulianto)
  • SOLOPOS.COM
    Kakek Budiyono saat ditemukan warga kali pertama dalam kondisi linglung di Perumahan Queen Garden V Baki, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Senin (20/7/2020). (Istimewa/Yulianto)

Mengharukan, Kakek Linglung di Sukoharjo Bertemu Anak Setelah 15 Jam Hilang

Seorang kakek yang lupa siapa nama dan asalnya alias linglung di Sukoharjo akhirnya ditemukan setelah hilang sekitar 15 jam.
Diterbitkan Selasa, 21/07/2020 - 10:15 WIB
oleh Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani
2 menit baca

Solopos.com, SUKOHARJO -- Seorang kakek yang lupa siapa nama dan asalnya alias linglung di Sukoharjo akhirnya ditemukan setelah hilang sekitar 15 jam.

Kakek 65 tahun bernama Budiyono itu ditemukan dalam kondisi kebingungan di Perumahan Queen Garden V Baki, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Senin (20/7/2020) sekitar pukul 17.00 WIB.

Pertemuan kakek warga Gumpang, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, itu dengan anaknya berlangsung dramatis pada Selasa (21/7/2020) dini hari.

Berapa Harga Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Indonesia?

Budiyono diketahui menghilang dari rumahnya sejak Senin (20/7/2020) pukul 09.00 WIB. Dengan kata lain, kakek linglung asal Sukoharjo itu telah menghilang dari pengawasan sang anak hingga 15 jam hingga bertemu sang anak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, warga menemukan seorang kakek yang memakai pakaian batik, celana hitam, dan sandal jepit. Kakek tersebut terlihat linglung di depan warung wedangan Pak Yusup di kawasan Perumahan Queen Garden V Baki sekitar pukul 17.00 WIB.

Saat ditemukan kakek itu tidak mengingat siapa namanya dan berasal dari mana. Tak hanya itu sang kakek juga tidak membawa identitas apapun. Kakek ini hanya membawa uang di kantong celananya Rp200.000.

Area Pemancingan WGM Wonogiri akan Ditutup Lagi, Pemancing: Kami Bisa Stres!

Hanya Ingat Satu Nama

"Saat kita temukan itu, kita tanya kakek namanya siapa dan alamatnya dimana dijawab tidak tahu. Yang diingat waktu itu hanya nama Satria Wisnu Graha," kata warga Perumahan Queen Garden V Baki, Yulianto kepada Solopos.com, Selasa.

Lantaran warga kesulitan mencari tahu alamat kakek itu, mereka lantas melaporkan ke Polsek Gatak. Di Polsek Gatak, aparat kepolisian juga kesulitan mencari tahu alamat kakek tersebut.

Kemudian oleh warga, kakek linglung tersebut dibawa kembali ke perumahan Queen Garden V Baki. Berbagai cara dilakukan warga untuk mencari tahu keberadaan keluarganya dengan menyebarkan informasi melalui media sosial.

Selangkah Lagi Beroperasi, PT KAI Sudah Order Listrik untuk KRL Solo–Jogja

Sambil menunggu ada pihak keluarga yang membaca informasi tersebut, warga menempatkan kakek itu di pos ronda perumahan. Warga memberikan selimut dan makanan untuk kakek tersebut.

"Kakek ini dijaga bareng-bareng oleh warga. Karena kakek ini tidak mau dibawa ke rumah maka di pos ronda. Kita kasih selimut dan makanan," katanya.

Sekitar pukul 00.00 WIB, warga menerima informasi adanya pihak yang mengaku keluarga kakek linglung tersebut. Mereka lantas datang dan menjemput sang kakek di perumahan Queen Garden V Baki sekitar setengah jam kemudian.

Solopos Hari Ini: Lockdown Lokal Berlanjut

"Yang datang malam itu anaknya. Saat ketemu kakek ini langsung memeluknya dan anaknya nangis-nangis," tuturnya.

Pertemuan itu bapak dan anak itu sangat dramatis. Mengingat sang anak dan keluarga sudah mencari keberadaan kakek sejak siang hari. Bahkan keluarga mencari hingga ke Boyolali dan daerah Gondangrejo, Karanganyar.

"Keluarganya ini sudah mencari ke mana-mana tidak ketemu. Dan memang kata keluarga, Pak Budiyono itu linglung," ujar dia.


Editor : Profile Tika Sekar Arum
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini