SOLOPOS.COM - ilustrasi mal atau pusat perbelanjaan (freepik)

Solopos.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengambil semangat Sekaten melalui Sekati YK Ing Mall. Apabila Sekaten merupakan agenda yang banyak berisi tentang tradisi budaya, Sekati YK Ing Mall lebih menonjolkan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Secara penjelasan, Sekati berarti gamelan. Namun gamelan di sini lebih kepada produk dari ekonomi kreatif. YK merupakan city branding baru dari Jogja. Sementara tempat mal sebagai cara penerapan protokol kesehatan. Di mal sudah terpasang QR Code Peduli Lindungi untuk pengecekan pengunjung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DisperinkopUKM) Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto, akan ada banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat termasuk Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, dan lainnya.

Baca Juga: Kesenian dan Ekraf Dukung Pemulihan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

“Spiritnya untuk meningkatkan ekonomi lokal. Dikemas menjadi suatu wisata, maka OPD seperti Dinas Pariwisata terlibat. Ini sinergitas antar OPD, sesuai dengan kapasitas masing-masing,” kata Tri dalam pumpa pers di Kompleks Balai Kota Jogja, Selasa (12/10/2021) seperti dilansir Harian Jogja.

Sekati YK Ing Mall yang berlangsung dari 13-17 Oktober bertempat di tiga mal yaitu Malioboro Mal, Galeria Mal, dan Lippo Plaza Mal. Ada 70 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tersebar di tiga mal tersebut. Selain pameran, adapula kegiatan seperti fashion show, talkshow, sampai pertunjukan tari.

“Kami ingin membuat acara yang sesederhana mungkin tapi menarik,” kata Tri.

Baca Juga: Pameran Mobil Offline Mulai Digelar di Jogja, Bagaimana Respons Pasar?

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jogja, Kadri Renggoni mengatakan apabila kegiatan ini akan berlangsung rutin setahun sekali. Tahun ini merupakan penanda dimulainya agenda rutin Sekati YK Ing Mall.

“Kegiatan awal sebagai penanda event di tahun-tahun berikutnya,” kata Kadri. “Pesertanya mencerminkan UKM yang ada di Jogja. Semoga acara penanda ini sukses dan dinanti oleh masyarakat di tahun-tahun berikutnya.”

Meski Sekati YK Ing Mall mengambil semangat Sekaten, bukan berarti kemudian menggantikannya. Sekaten dengan segala prosesinya tetap terlaksana di lingkungan Kraton Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya