SOLOPOS.COM - Praveen Jordan (kiri) dan Melati Daeva Oktavianti saat tampil di babak 32 besar Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Indonesia Open termasuk dalam tiga turnamen BWF World Tour Super 1000 berhadiah menggiurkan yaitu sekitar Rp15,5 miliar. (Antara/Sigid Kurniawan)

Solopos.com, SOLO – Pada 7-11 Desember 2022 akan dilangsungkan turnamen puncak dari seri BWF World Tour musim ini. Berikut ini daftar hadiah dari masing-masing level turnamen bulu tangkis BWF World Tour yang diadakan pada 2022.

BWF World Tour merupakan sirkuit dari 26 turnamen bulu tangkis yang menarik minat para pemain papan atas dunia di sektor tunggal (putra dan putri) dan ganda (putra, putri, campuran).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para pebulu tangkis dalam tur tersebut bersaing pada 26 turnamen sepanjang tahun untuk memperoleh poin ranking menuju kualifikasi dalam turnamen puncak yaitu BWF World Tour Finals yang hanya menempatkan terbaik dari yang terbaik untuk bersaing.

Dikutip dari laman resmi BWF, sebanyak 26 turnamen BWF World Tour tersebut dibagi menjadi lima level yaitu Super 1000 (tiga turnamen), Super 750 (lima turnamen), Super 500 (tujuh turnamen), dan Super 300 (sebelas turnamen).

Masing-masing turnamen BWF World Tour menawarkan poin ranking dan hadiah uang yang berbeda. Poin tertinggi dan total hadiah terbanyak ditawarkan di level Super 1000.

Satu kategori turnamen lainnya yaitu level BWF Tour Super 100, juga menawarkan poin ranking BWF World Tour. Meski demikian, level ini bukanlah bagian dari BWF World Tour. Namun, meski hadiah uangnya paling sedikit turnamen level tersebut cukup penting sebagai jalur masuk pebulu tangkis ke BWF World Tour.

Baca Juga: Resmi! Ini Daftar Peserta BWF World Tour Finals 2022: Tiga Mengundurkan Diri

BWF World Tour Finals adalah turnamen puncaknya. Jadi mereka yang masuk dalam delapan besar teratas di setiap sektor berdasarkan ranking BWF World Tour akan diundang mengikuti turnaman bulu tangkis penutup musim tersebut.

BBWF World Tour Finals sangat spesial karena setiap asosiasi negara anggota BWF hanya bisa mengirimkan maksimal dua wakil di setiap ketegori dengan syarat masuk dalam delapan terbaik ranking World Tour dan jumlah hadiahnya pun sangat menggiurkan..

Ini daftar hadiah uang tiap level turnamen bulu tangkis BWF World Tour:

Level 1
Turnamen final (8 terbaik dari yang terbaik)
Tahun 2022 digelar di Bangkok, Thailand
Hadiah uang US$1,5 juta setara Rp23,2 miliar

Level 2
Super 1000
3 Tuan rumah (China, Inggris, Indonesia)
Hadiah uang US$1 juta, setara Rp15,5 miliar

Level 3
Super 750
5 Tuan rumah (China, Denmark, Prancis, Jepang,Malaysia)
Hadiah uang US$700.000 atau setara Rp10,8 miliar

Level 4
Super 500
7 Tuan rumah (Hong Kong, India, Indonesia, Korsel, Malaysia, Singapura, Thailand)
Hadiah uang US$350.000 setara Rp5,4 miliar

Level 5
Super 300
11 Tuan rumah (Australia, Taiwan, Jerman, India, Korsel, Makau, Selandia Baru, Spanyol, Swiss, Thailand, AS)
Hadiah uang US$150.000 setara Rp2,3 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya