SOLOPOS.COM - Ilustrasi pingsan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Wakil Menteri Kemenparekraf Angela Tanoesoedibjo diketahui mendadak jatuh pingsan di keraton Solo saat menghadiri atraksi budaya Keraton Surakarta di Solo, Jawa Tengah. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani mengatakan Angela kelelahan lantaran padatnya acara. Sebelum mengunjungi keraton, anak Hary Tanoesoedibjo ini berkeliling di beberapa titik di Solo dan sekitarnya.

Melansir Healthline, mendadak pingsan terjadi ketika Anda kehilangan kesadaran untuk waktu yang singkat karena otak Anda tidak mendapatkan cukup oksigen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Istilah medis untuk mendadak pingsan adalah sinkop, tetapi lebih dikenal sebagai pingsan. Fenomena ini umumnya berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit. Merasa pusing, pusing, lemah, atau mual terkadang terjadi sebelum Anda pingsan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga:  Soal Kecelakaan Maut, Pengasuh Anak Vanessa Angel Cerita Ini ke Ayahnya

Beberapa orang menjadi sadar bahwa suara-suara itu memudar, atau mereka menggambarkan sensasinya sebagai “pingsan” atau “menghilang”. Pemulihan dari mendadak pingsan biasanya membutuhkan waktu beberapa menit. Jika tidak ada kondisi medis yang mendasari yang menyebabkan Anda pingsan, Anda mungkin tidak memerlukan perawatan apa pun.

Hal ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi terkadang bisa menjadi gejala masalah medis yang serius. Jika Anda tidak memiliki riwayat pingsan sebelumnya dan Anda pingsan lebih dari sekali dalam sebulan terakhir, Anda harus berbicara dengan dokter Anda.

Mengutip laman Bisnis.com, Minggu (7/11/2021), jika Anda memiliki riwayat mengalami hal ini, cobalah untuk mempelajari apa yang menyebabkan Anda mendadak pingsan sehingga Anda dapat menghindari pemicu tersebut. Selalu bangun perlahan dari posisi duduk atau berbaring. Jika Anda cenderung merasa pingsan saat melihat darah saat diambil darahnya atau selama prosedur medis lainnya, beri tahu dokter Anda. Mereka dapat mengambil tindakan pencegahan tertentu untuk mencegah Anda pingsan. Terakhir, jangan melewatkan waktu makan. Merasa pusing dan lemah dan memiliki sensasi berputar adalah tanda peringatan pingsan.

Baca Juga: Tom Liwafa Bagikan Pertemuan Pengasuh dengan Anak Vanessa Angel

Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, duduk dan letakkan kepala Anda di antara lutut untuk membantu mengalirkan darah ke otak Anda. Anda juga bisa berbaring untuk menghindari cedera akibat jatuh. Jangan berdiri sampai Anda merasa lebih baik. Apa yang harus dilakukan ketika seseorang pingsan? Ketika seseorang di dekat Anda pingsan, Anda dapat mendorong aliran darah ke kepala mereka dengan mengangkat kaki mereka di atas ketinggian jantung mereka.

Atau, Anda dapat meminta mereka duduk dengan kepala di antara lutut. Kendurkan kerah ketat, ikat pinggang, dan pakaian ketat lainnya. Biarkan orang tersebut berbaring atau duduk setidaknya selama 10 menit hingga 15 menit. Tempat yang sejuk dan tenang adalah yang terbaik. Minum air dingin juga bisa membantu. Pelajari lebih lanjut tentang tips pertolongan pertama untuk ketidaksadaran. Jika orang tersebut tidak bernapas, segera hubungi 911 atau layanan darurat setempat Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya