Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Mengenal Observatorium Bosscha, Gedung yang Muncul di Pengabdi Setan 2

Ihwal disorotnya gedung Observatorium Bosscha sendiri karena muncul di awal film Pengabdi Setan 2.
SHARE
Mengenal Observatorium Bosscha, Gedung yang Muncul di Pengabdi Setan 2
SOLOPOS.COM - Observatorium Bosscha. (Instagram/@bosschaobservatory)

Solopos.com, SOLO-Observatorium Bosscha, gedung yang muncul di Pengabdi Setan 2, menjadi perbincangan warganet setelah melayangkan protes terhadap tim produksi film itu. Sisi lain kemunculan bangunan tua itu menarik perhatian penonton film horor besutan Joko Anwar itu.

Sebagaimana diketahui, film yang mempergunakan teknologi IMAX itu mulai tayang di bioskop pada 4 Agustus 2022. Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini membuat para penonton merasakan sensasi seperti masuk dan berpetualang di dalam film.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Ihwal disorotnya gedung Observatorium Bosscha sendiri karena muncul di awal film Pengabdi Setan 2. Ada adegan seorang jurnalis bernama Budiman menemukan sejumlah jenazah dari korban penembakan misterius di dalam gedung tersebut.

Gara-gara adegan itu, pengelola tempat tersebut protes dan menyesalkan hal tersebut. “Observatorium Bosscha sama sekali tidak terlihat dalam produksi film bernuansa horror yang tengah beredar. Kami amat menyesalkan pemunculan gambar yang dengan segera orang kenali sebagia ikon Observatorium Bosscha yang memberi kesan tidak benar tentang Observatorium Bosscha,” tulis akun Instagram @bosschaobservatory pada Kamis (11/8/2022) lalu dan dikutip pada Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Observatorium Bosscha Protes Pengabdi Setan 2, Begini Reaksi Joko Anwar

Hal senada juga terdapat di akun Twitter. Unggahan di Twitter ini pun mendapatkan beragam reaksi warganet. Uniknya tak sedikit warganet justru mengingat lokasi tersebut sebagai tempat syuting Petualangan Sherina.

“Tenang aja. Bosscha tetap jadi tempat kenangan serina kecup kening sadam,” tulis @dinyo_wi*** di akun Twitter Bosscha.

“Kalo ga salah di film Petualangan Sherina ada scene di sini kan ya? Waktu adegan sherina ama saddam sembunyi dari penculik,” tulis @husna***.

gedung Observatorium Bosscha pengabdi setan 2
Observatorium Bosscha di malam hari. (Instagram/@bosschaobservatory)

Lalu seperti apakah gedung Observatorium Bosscha yang muncul di salah satu scene Pengabdi Setan 2?  Dikutip dari berbagai sumber, bangunan yang beralamat di Jalan Peneropongan Bintang Nomor 45, Kecamatan Lembang, Jawa Barat ini memang merupakan salah satu destinasi wisata yang berisi berbagai macam teleskop yang bisa digunakan wisatawan untuk melihat penampakan langit.

Baca Juga: Pengabdi Setan 3 bakal Dibikin? Begini Bocoran Joko Anwar

Saking ikoniknya, bangunan Observatorium Bosscha mengingatkan banyak orang tentang film Petualangan Sherina. Namun, setelah muncul di film horor Pengabdi Setan 2 tersebut, citranya kini menjadi cukup berubah.

Adapun di dalam bangunan, terdapat refraktor ganda Zeiss, teropong reflektor dobel sepanjang 11 meter dan berdiameter 60 centimeter dengan berat 17 ton buatan perusahaan optik ternama Jerman, Carl Zeiss Jena.

Baca Juga: Pengabdi Setan 2 Tayang di IMAX, Dijamin Lebih Menyeramkan

Dibangun pada 1928, benda peneropongan itu berada dalam rumah teropong berbentuk bulat dengan puncak seperti kubah berdiameter 14,5 meter. Bangunan kubahnya sendiri dirancang oleh arsitek CP Wolf Schoemacher.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode