Mengenal Lebih Dekat tentang Bedah Estetik, Bisa untuk Apa Saja?

RS JIH Solo telah menyediakan layanan bedah rekonstruksi dan estetika
Mengenal Lebih Dekat tentang Bedah Estetik, Bisa untuk Apa Saja?
SOLOPOS.COM - Bedah plastik (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO–Layanan kesehatan estetika merupakan layanan kesehatan yang secara khusus melakukan tindakan pembedahan di bagian tubuh tertentu agar terlihat lebih menarik.

Kesehatan estetika juga menjadi subspesialisasi bedah plastik. Ruang lingkup bedah estetika bisa meliputi bedah alis mata, kelopak mata, hidung, dagu, peremajaan kulit, dan perbaikan payudara.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik Rumah Sakit JIH Solo, dr. Affandi Wiramur, Sp. Bp. RE mengatakan masyarakat kurang memahami lini bedah plastik yang ada dalam dunia kesehatan. Padahal banyak sekali subspesialisasi bedah plastik.

“Selama ini orang awam kurang paham soal bedah plastik. Secara garis besar dibagi menjadi rekontruksi dan estetika,” jelas dr Fandi.

Baca Juga: Dukung Program One Stop Service, RS JIH Solo Luncurkan Layanan MRI

Fandi mengatakan bedah plastik rekonstruksi misalnya menangani trauma pada wajah, kecelakaan, patah tulang wajah, kulit hilang, jari-jari tangan hilang dan lain-lain.

“Lalu yang paling sering adalah luka bakar, bisa juga kelainan saat lahir contohnya paling sering bibir sumbing, jari-jari yang dempet atau berlebihan. Nah itu bisa salah satu contohnya,” jelas Fandi.

Dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik Rumah Sakit JIH Solo, dr. Affandi Wiramur, Sp. Bp. RE

Ia menambahkan ada juga bedah estetik. Yakni tindakan bedah yang lebih bertujuan pembenahan fisik pasien yang tidak cacat. Namun tindakan bedah bertujuan untuk mencapai tampilan yang lebih menarik sesuai dengan keinginan pasien.

“Bedah estetik berbeda dengan bedah kulit [rekonstruksi]. Bedah plastik estetik kita menangani pasien yang secara secara kasatmata pasien ini sudah normal. Namun dia ingin tampilan yang lebih cantik lagi, keliatan enak dilihat,” jelasnya.

Baca Juga: Kapan Penanganan Bibir Sumbing? Ini Penjelasan Dokter RS JIH Solo

Fandi mengatakan dari sekian banyak layanan kesehatan rekonstruksi dan estetika tersebut, RS JIH Solo telah berhasil menyediakannya. Setidaknya layanan kesehatan estetika JIH Solo sudah berusia satu bulan.

Bila dipetakan secara umum, pasien bedah estetika paling banyak di Kota Solo adalah pasien operasi hidung atau memancungkan. Selanjutnya secara berurutan penghilangan kantong mata, implan payudara, dan liposuction (sedot lemak) menjadi layanan yang paling diminati masyarakat Solo secara umum.

“Yang jelas di Solo paling banyak rinoplasti atau memancungkan hidung ya. Karena yang kita tahu memang kebanyakan dianugerahi hidung tidak terlalu mancung. Yang kedua operasi kantong mata dan implan payudara,” kata dia.

Fandi mengatakan pasien bedah estetika didominasi oleh perempuan. Hal tersebut dipengaruhi oleh keinginan untuk memaksimalkan penampilan yang lebih tinggi. Ada juga pasien laki-laki meski tak lebih banyak dari pasien perempuan. Fandi menambahkan 80% hingga 90% pasien layanan kesehatan estetika adalah perempuan, sisanya laki-laki.

“Paling banyak tetap perempuan ya. Beberapa laki-laki ada, beberapa kali ngilangin kantong mata dan ginekomastia,” tuturnya.

Nah bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut, bisa datang ke RS JIH Solo di Jl. Adisucipto No. 118 Jajar, Solo, telepon (0271) 7469100, dan WhatsApp 081911500805. Anda bisa juga mengunjungi akun Facebook: Rumah Sakit JIH Solo, Instagram: @rs.jihsolo, dan Twitter: rsJIHSolo.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago