Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Mengenal Kamaz, Truk Legenda Asal Rusia Peserta Reli Paris-Dakar

Truk Kamaz bisa dibeli di Indonesia, distributornya yaitu PT Pusaka Bumi Tranpsortasi yang juga merupakan bagian dari Blue Bird Group.
SHARE
Mengenal Kamaz, Truk Legenda Asal Rusia Peserta Reli Paris-Dakar
SOLOPOS.COM - Truk Kamaz dari Rusia. (Bus-Truck.id)

Solopos.com, SOLO — Pasar otomotif di Indonesia juga diisi sejumlah merek truk maupun sasis bus dan juga pikap. Sejumlah merek yang memiliki produk truk dan sasis bus sudah dikenal masyarakat.

Seperti Hino, Mercedes-Benz, Volvo, Isuzu, Mitsubishi, Toyota, Suzuki, UD Trucks, MAN, Golden Dragon, ataupun Scania. Bagaimana dengan Kamaz, truk dari Rusia?.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kamaz sejatinya sudah bisa dibeli untuk kebutuhan pasar Indonesia, distributornya yaitu PT Pusaka Bumi Tranpsortasi yang juga merupakan bagian dari Blue Bird Group.

Nama Kamaz sendiri sebenarnya merupakan akronim dari Kamskiy Avtomobilny Zavod sebuah perusahaan yang berdiri pada 1969 di Naberezhnye Cheln wilayah Tartastan.

Truk Kamaz sudah dipasarkan di 80 negera di dunia. Kamaz didesain untuk menjalankan fungsi truk yang bisa mengangkut beban berat.

Baca juga: Panduan Cara Beli Tiket GIIAS 2022 yang Hanya Dijual Online

Tidak heran kalau pada tahun pertama produksi sudah ada target produksi 150.000 unit truk dan 250.000 mesinnya.

Masifnya proyek Kamaz membuat pula daerah sekitaran sungai Kama itu menjadi salah satu pusat industri dan keilmuan yang sangat pesat di era tersebut.

Truk Kamaz yang rajin ikut reli Paris-Dakar ini, punya empat model. Yaitu K1 (C) , K2 (C2), K3 (C3), dan K3 (R) yang masih diproduksi hingga saat ini.

Kolaborasi dengan kampiun truk lain juga tidak diharamkan oleh pabrikan berlogo Kuda Berlari ini. Terlihat pada versi terakhir dari Kamaz, termasuk yang dijual di Indonesia.

Baca juga: Waspadai Tiga Hal Penyebab Kebocoran Selang Radiator Mobil

Kabin truk Kamaz diambil dari truk Axor punya Mercedes-Benz. Sementara ada juga varian mesin racikan jagoan diesel asal Amerika Serikat yaitu Cummins.

Di Indonesia sendiri ada empat model yang tersedia; seri 65222 (6×6), seri 65201 (8×8), seri 65115 (6×4), dan seri 6520 (6×4).

Khusus seri 65115 mesin yang digendong buatan Cummins dan seluruh girboks untuk keempat seri tersebut buatan ZF yang asal Jerman.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode