SOLOPOS.COM - Seorang karyawan tengah memeriksa mesin di pabrik PT Sri Rejeki Isman Tbk. atau Sritex.(Istimewa/sritex.co.id)

Solopos.com, SOLO — Presiden Direktur PT Sri Rejeki Isman atau Sritex, Iwan Setiawan Lukminto, mengatakan kain rayon menjadi salah satu produk tekstil penyelamat yang membuat Sritex tetap bertahan saat pandemi Covid-19.

Produk rayon mulai diminati para pertengahan 2020 seiring tren masyarakat beraktivitas di rumah saja. Rayon yang nyaman dipakai dan tidak gerah menjadi pilihan masyarakat, terutama kalangan perempuan, untuk bekerja dan beraktivitas dari rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Peringatan Kapolresta Solo ke Pengelola Hotel hingga Losmen: Jangan Beri Ruang Prostitusi!

“Industri harus bertransformasi. Mana yang bisa laku dan mana yang cocok untuk masyarakat. Rayon digemari masyarakat pada waktu pandemi. Bahan kain rayon Sritex ini nyaman dipakai dan itu laku keras sekali sampai sekarang. Kita keluarkan print [rayon] yang bagus-bagus dan kirim ke pasar-pasar besar di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” kata Iwan saat menjadi narasumber dalam talkshow virtual dengan Solopos, Selasa (9/3/2021).

Seperti apa karakteristik kain rayon seperti buatan Sritex? Mengutip dari laman adhiputrabusana.com, rayon adalah kain sintetis pertama yang pernah dibuat manusia.

Rayon terbuat dari serat yang berasal dari kayu, seperti kayu pinus, hemlock, dan cemara. Tiga tiga spesies pohon tersebut yang paling sering digunakan dalam pembuatan rayon.

Baca juga: Ungkap Pembalakan Liar Batu Seribu Sukoharjo, Polisi Periksa 5 Saksi

Lembut di Kulit

Ada sejumlah unsur kimia yang terdapat pada serat rayon, di antaranya karbon, hidrogen, dan oksigen.  Karena itulah, kain jenis ini sangat mudah terbakar. Bahkan cenderung lebih mudah terbakar jika dibandingkan dengan kain linen, katun, dan rami yang dibuat dari serat tanaman.

Tekstur dan permukaan bahannya halus dan lembut di kulit sehingga kain rayon seperti buatan Sritex sangat nyaman dipakai dan mudah untuk diwarnai. Karena mudah menyerap zat pewarna, maka tampilan bahan kain rayon umumnya cerah.

Baca juga: Gudang Pupuk di Gondang Sragen Digerebek Polisi, Penjualnya Ditangkap

Kain rayon umumnya digunakan untuk membuka daster, mukena, hingga blus wanita. Bahan kain rayon seperti produk Sritex yang sangat nyaman dipakai membuat kain ini menjadi pilihan untuk bekerja atau beraktivitas di rumah.

Terkait harga, mengutip sejumlah e-commerce, harga rayon berkisar Rp20.000-an per meter dengan lebar kain sekitar 1,5 meter. Kain rayon ada yang polos serta ada yang bermotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya