Mengenal Inseminasi Intrauterin, Program Kehamilan Berbantu Minim Risiko

Program kehamilan berbantu lewat inseminasi intrauterin tergolong tidak terlalu mahal dengan efek samping dan risiko yang terbilang minimal.
Mengenal Inseminasi Intrauterin, Program Kehamilan Berbantu Minim Risiko
SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil cek dokter. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memiliki buah hati adalah idaman pasangan suami istri. Namun, tidak jarang pasangan yang sudah menikah tak kunjung dikaruniai keturunan. Program kehamilan berbantu menjadi salah satu pilihan terapi untuk memperoleh keturunan, termasuk lewat inseminasi intrauterin.

Selama ini, program bayi tabung cukup populer dan menjadi pilihan bagi pasangan yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai buah hati.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Terapi gangguan kesuburan sebenarnya cukup beragam selain bayi tabung, salah satunya adalah inseminasi intrauterin atau inseminasi buatan. Dikutip dari berbagai sumber program kehamilan berbantu ini dilakukan dengan menyemprotkan sperma langsung ke rongga rahim menggunakan tabung tipis yang disebut kateter.

Ini bertujuan mendekatkan jarak tempuh perjalanan sperma menuju sel telur di saluran telur. Pada terapi ini, pembuahan tetap terjadi di dalam tubuh. Ada beberapa tahapan dalam program kehamilan berbantu ini seperti pemeriksaan organ reproduksi dan kesuburan dari tiap-tiap pasangan.

Bila terapi inseminasi intrauterin dipilih, ibu akan mendapatkan obat untuk induksi atau stimulasi sel telur. Menjelang masa subur, saat ukuran sel telur sudah memenuhi syarat, akan dijadwalkan untuk tindakan inseminasi.

Di hari inseminasi, sperma yang dikeluarkan akan melewati proses “washing”, untuk memilih sperma dengan kualitas terbaik.

Baca Juga: Apakah Betul Nanas Muda Bisa Buat Mencegah Kehamilan?

Sperma kemudian ditempatkan pada selang kecil yang disebut kateter, yang kemudian langsung dimasukkan ke rongga rahim. Kehamilan yang nantinya diperoleh dari inseminasi buatan tidak berbeda dengan kehamilan alami.

Program kehamilan berbantu lewat inseminasi buatan ini tergolong tidak terlalu mahal. Efek samping dan risikonya pun terbilang minimal. Selain itu, prosedurnya relatif singkat.

Layanan inseminasi intrauterin ini juga hadir di The Fertility Clinic RS JIH Solo. RS JIH Solo menawarkan program inseminasi buatan dengan biaya Rp7,5 juta. Layanan ini meliputi preparasi sperma oleh dokter spesialis andrologi, tindakan inseminasi oleh dokter spesialis obstetri ginekologi, ruangan day care yang nyaman, serta biaya administrasi.

Baca Juga: Doa Memasuki Usia Kehamilan 4 Bulan Menurut Islam

Promo menarik dari RS JIH Solo ini bisa menjadi salah satu pilihan program kehamilan berbantu bagi pasangan suami istri yang belum dikaruniai buah hati.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago