SOLOPOS.COM - Karawitan sebagai salah satu kesenian tradisional. (Istemewa/Pemprov Jateng)

Solopos.com, WONOGIRIDesa yang satu ini bernama Desa Tirtosuworo yang berlokasi di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Desa Tirtosuworo dikenal sebagai tempat berlatihnya para seniman di Giriwoyo di era 1980-an.

Dilansir dari laman wonogirikab.go.id, Jumat (21/10/2022), kini banyak cara memajukan suatu daerah agar bisa meningkatan perekonomian, seperti mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah UMKM). Upaya lainnya dengan cara membikin desa wisata.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Namun di Desa Tirtosuworo tak ingin mengandalkan wisatanya saja. Lebih dari itu, di desa ini ingin mengembangkan daerahnya melalui kesenian tradisional yang mereka punya.

Pada tahun 1980-an, Desa Titrosuworo telah di kenal sebagai tempat berlatihnya para seniman di Kecamatan Giriwoyo. Seni tradisional yang mereka kuasai, seperti rebana/terbangan, karawitan, tretek bambu dan reog.

Seiringnya perkembangan zaman, kesenian tradisional yang di miliki Desa Titrosuworo mulai menurun. Memasuki tahun 2020, Pemdes Tirtosuworo mulai kembali mengembangkan kesenian tradisional.

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini agar Daerahmu Jadi Desa Wisata di Wonogiri

Para seniman atau sesepuh yang dulunya bekerja di kesenian diminta melatih serta berbagi pengalaman kepada para anak muda. Semua anak-anak di Desa Titrosuworo selalu berlatih kesenian karawitan yang berlokasi di rumah Kepala Desa Desa Titrosuworo atau tepatnya di Dusun Ngemplak, Desa Titrosuworo.

Gatot Suryanto selaku Kepala Desa (Kades) Titrosuworo mengatakan bahwa desanya memiliki ikon kesenian tradisional serta potensi warga dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang bisa dikembangkan lagi. Tak hanya itu, di desa tersebut juga ada rencana akan ada program live in di Desa Titrosuworo.

Berbekal program itu, para wisatawan yang berkunjung dapat menikmati beberapa kesenian secara langsung. Seluruh kesenian di Desa Tirtosuworo dibina dalam satu wadah oleh Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Tirtosuworo serta diberi nama Puspa Giri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya