SOLOPOS.COM - Bumper mobil berfungsi untuk meredam benturan. (Auto2000.co.id)

Solopos.com, SOLO — Bumper mobil adalah salah satu komponen penting dari mobil yang dipasang di bagian depan dan belakang. Letak bumper memang tidak hanya di bagian depan mobil saja tetapi juga ada di belakang.

Keberadaan bumper mobil sangat penting terutama untuk faktor keselamatan berkendara. Karena dipasang untuk menjadi peredam pada saat terjadi benturan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Auto 2000, bumper mobil yang baik mampu memberikan rasa aman terhadap mobil itu sendiri dan pengendara selama berkendara.

Untuk desainnya sangat beragam karena bumper mobil dapat dibentuk untuk menjadi sporty hingga elegan. Semuanya tergantung dari desain mobil secara keseluruhan.

Ekspedisi Mudik 2024

Bahkan terkadang fungsi utama dari bumper sama sekali tidak diketahui. Untuk itu, apa saja fungsi bumper.

Baca juga: Apakah Mobil Harus Dipanaskan Setiap Hari? Ini Penjelasannya

1. Meredam Benturan

Ketika mobil mengalami tabrakan dari sisi depan atau belakang, maka bumper akan membantu meredam benturan dengan menyerap energi yang timbul. Bumper akan meneruskan energi ke crumple zone sehingga energi dari tabrakan yang sampai ke kabin bisa diminimalisir.

Bumper mobil yang sudah modern telah dilengkapi bantalan karet sehingga tingkat kekakuannya lebih optimal. Hal ini membuat kasus tabrakan dengan pejalan kaki dapat terhindar dari cedera serius.

2. Menjaga Dari Tabrakan Kecil

Tabrakan kecil tetap mampu memberikan hasil kerusakan besar jika bahan bumper tidak mengandung karet. Untungnya bahan bumper saat ini sudah terbuat dari karet.

3. Dukungan Aerodinamis

Desain mobil yang baik mampu memberikan dukungan aerodinamis lebih optimal. Bumper dalam era modern sudah mampu mendukung sisi aerodinamis mobil. Bagian tepi bumper mobil yang dilipat ke bagian belakang dapat menjaga downforce lebih baik.

Baca juga: Pelat Nomor Putih Mulai Berlaku Besok, Bagaimana Cara Mendapatkannya

4. Rumah Lampu Kabut

Bumper mobil dapat difungsikan untuk memasang lampu kabut. Keberadaan lampu kabut sangat penting agar Anda tetap dapat berkendara dengan aman.

5. Tempat Sensor Parkir

Fungsi sensor parkir memberikan peringatan terkait seberapa jauh posisi mobil dengan kendaraan atau benda di sekitar ketika sedang parkir. Sensor parkir paling banyak terpasang di bumper belakang mobil.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya