SOLOPOS.COM - Jack Dorsey pendiri sekaligus pemilik Twitter sebelum dibeli Elon Musk. (Gadgets360.com)

Solopos.com, SOLO-Pendiri Twitter, Jack Dorsey, kali pertama mengumumkan inisiatif Bluesky pada 2019 di Twitter. Aplikasi apakah itu? Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

Chief Technology Officer perusahaan Parag Agrawal mengundang anggota kelompok kerja awal pada awal 2020. Grup berkembang dengan perwakilan dari jaringan terdesentralisasi Mastodon dan ActivityPub. Grup dikoordinasikan melalui perangkat lunak obrolan Elemen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari wikipedia pada Kamis (3/11/2022), Twitter menugaskan Jay Graber dari jaringan sosial desentralisasi Happening untuk menyusun tinjauan teknis lanskap jaringan sosial terdesentralisasi. Dia dipekerjakan sebagai pemimpin proyek Bluesky pada Agustus 2021.

Baca Juga: Aturan Main Jasa Sewa Pacar: Baper Tanggung Sendiri!

Divisi blockchain Twitter, yang baru diumumkan pada November 2021, akan bekerja dengan inisiatif Bluesky. Pada Maret 2022, Bluesky mengumumkan tiga karyawan pertama mereka. Mereka adalah Aaron Goldman, yang sebelumnya bekerja untuk Google dan Twitter, dipekerjakan sebagai insinyur keamanan, sedangkan Paul Frazee dan Daniel Holmgren dipekerjakan sebagai insinyur protokol.

Pada tanggal 15 April 2022, Jack Dorsey mengakui bahwa kemajuan awal proyek dari pengembang pertama dimulai dengan lambat.

Baca Juga: Fenomena Jasa Sleep Call selain Pacar Sewaan di Twitter, Segini Tarifnya

Pada 26 April 2022, Bluesky mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa proyek tersebut akan tetap tidak terpengaruh oleh usulan pengambilalihan Twitter oleh Elon Musk, yang menyatakan bahwa Bluesky telah beroperasi secara independen sebagai perseroan terbatas untuk kepentingan publik sejak Februari tahun itu. Ini memberi Bluesky kebebasan untuk menggunakan sumber daya mereka untuk misi mereka tanpa kewajiban untuk mengembalikan uang kepada pemegang saham.

Pada Mei 2022, Bluesky merilis kode untuk server data pribadi eksperimental dan klien baris perintah di samping gambaran tingkat tinggi arsitektur jaringan. Mereka juga mengungkapkan bahwa mereka akan mulai membagikan proses pengembangan platform, sebelum prosesnya selesai

Proyek Bluesky adalah proyek media sosial opensource yang ingin menghubungkan platform media sosial yang tersedia saat ini dan masa depan. Maksudnya adalah bagi Anda yang memiliki akun di Facebook, Instagram, atau Twitter, Anda akan dapat berinteraksi dengan semua pengguna lain di platform Bluesky.

Apakah Bluesky Bagian dari Twitter?

Sementara ini banyak yang menyebut Bluesky sebagai cabang dari Twitter, dan Twitter mendanai proyek tersebut. Meskipun demikian, ide Jack Dorsey sebenarnya adalah membuat program yang pada akhirnya akan berjalan sendiri.

Baca Juga: Thread Kisah Horor di Twitter, Cocok Dibaca saat Halloween

Ketika Elon Musk memulai proses pembelian Twitter, Dorsey datang ke publik dengan mengatakan bahwa “dia menyesal menjadi salah satu promotor penemuan identitas di perusahaan dan ini merusak internet”. Dia juga menyetujui pembelian jejaring sosial oleh orang terkaya di dunia dan dia bahkan menyebutkan bahwa Musk dapat melakukan administrasi yang hebat.

Dikutip dari showmetech.com.br, Kamis (3/11/2022), dengan protokolnya sendiri, Bluesky dapat diluncurkan hingga awal 2023 dan pengguna dapat menunjukkan minat untuk menguji proyek baru Jack Dorsey

Masih tentang Bluesky, tweet dari Jack Dorsey menyebutkan bahwa tim yang terdiri dari lima insinyur, arsitek, dan desainer Twitter sedang bekerja untuk mengembangkan standar yang terbuka dan terdesentralisasi untuk jejaring sosial.

Mantan CEO itu meninggalkan Twitter hampir enam bulan lalu, ketika Elon Musk kali pertama memulai tawarannya untuk membelinya. Saat itu, tawaran Musk masih ditunda.

Baca Juga: Sah, Elon Musk Akuisisi Twitter Rp683 Triliun, Petinggi Twitter Dirombak Total

Selain itu, beberapa selebriti secara terbuka juga meninggalkan Twitter atas perubahan kepemilikannya, termasuk mantan pegulat Mick Foley, mantan Gubernur Vermont Howard Dean, produser eksekutif serial televisi This is Us Ken Olin, aktor Alex Winter, dan yang terbaru, penulis skenario Shonda Rhimes.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya