SOLOPOS.COM - Ilustrasi tim marketing. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Aplikasi penjualan sangatlah penting untuk operasional bisnis Anda di era digital saat ini. Ya, hal ini disebabkan dengan adanya aplikasi penjualan, operasional bisnis Anda akan sangat terbantu dalam berbagai hal.

Bayangkan saja jika bisnis Anda masih dijalankan dengan cara manual, mungkin Anda akan menghadapi berbagai macam masalah seperti proses transaksi yang lama, pembukuan keuangan yang berantakan bahkan sulitnya mencari informasi stok barang apakah masih tersedia atau sudah habis terjual.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan adanya masalah-masalah tersebut sebaiknya Anda mencari solusinya agar bisnis Anda bisa bertahan dan terus berkembang. Nah, solusi yang paling tepat untuk masalah tersebut adalah aplikasi penjualan.

Dengan menggunakan aplikasi penjualan, proses transaksi penjualan akan lebih cepat. Selain itu, Anda juga akan dapat menganalisis penjualan yang sudah terjadi sehingga Anda tahu langkah apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan penjualan ke depannya.

Kapan Perlu Menggunakan Aplikasi Penjualan?

Nah sebelum memutuskan menggunakan aplikasi penjualan, pastinya ada banyak hal yang dipertimbangkan. Mengenai budget, perangkat sampai dengan kemampuan SDM dalam penggunaan aplikasi tersebut.

Perlu diketahui bahwa penggunaan teknologi penjualan seperti ini akan membuat Anda berjalan beriringan sesuai perkembangan zaman.

Semakin Anda menyediakan layanan sesuai kebutuhan customer maka akan lebih memudahkan customer dan tentunya memberi nilai plus. Berikut pertimbangan berpindah ke aplikasi penjualan.

1. Anda Membutuhkannya

Untuk hal ini, pasti sudah jelas ya untuk kebutuhan maka tidak banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Cari aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Baca Juga: Mengenal Software Mesin Absensi untuk Kelola Kehadiran Lebih Mudah dan Praktis

Misalnya bisnis Anda membutuhkan mesin kasir yang bisa menyesuaikan dengan pembayaran virtual, maka cari aplikasi kasir yang menyediakan berbagai metode pembayaran, termasuk menyediakan sambungan e-wallet.

Selain dalam pelayanan, penggunaan aplikasi untuk bisnis ini juga disesuaikan dengan kebutuhan inventori intern bisnis, seperti pencatatan, pelaporan dan manajemen yang lebih mudah. Jika sudah menemukan aplikasi kasir yang tepat dan sesuai, maka sudah waktunya untuk beralih dari aplikasi kasir konvensional.

2. Bagaimana dengan Harganya?

Masalah harga ini memang cukup subjektif ya! Namun banyak orang tentunya ingin menggunakan aplikasi gratis atau murah yang juga menyediakan banyak fitur di dalamnya.

Jangan khawatir sekarang banyak aplikasi penjualan yang memiliki harga cukup terjangkau, ada banyak pilihan harga yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan. Harga aplikasi penjualan bahkan bisa dimulai dari 0 rupiah.

Jadi jika sudah merasa perlu dan butuh sebuah aplikasi untuk membantu mengurus bisnis, maka tidak perlu ragu dan banyak pertimbangan lagi. Langsung saja menentukan aplikasi apa yang cocok dan sesuai.

Macam-Macam Aplikasi Penjualan untuk Mendorong Bisnis

Seperti yang kita ketahui dalam berbisnis ada banyak bidang yang perlu dikelola, mulai dari keuangan, pelayanan, produksi, purchasing dan pengiriman. Dengan adanya teknologi digital untuk penjualan ini diharapkan bisnis bisa berjalan dengan maksimal.

1. Aplikasi Kasir

Sekarang penjualan online tidak hanya untuk barang mentah saja, namun makanan juga sudah cukup marak dijual dengan cara online. Sejak aplikasi pengantaran online memiliki fitur pengantaran makanan, membuat penjual makanan secara online dengan mudah.

Baca Juga: Mengenal Accounting Software, 10 Manfaat Menggunakannya untuk Bisnis

Untuk mempermudah transaksi jual beli makanan online ini, sebagai pebisnis, Anda perlu menggunakan aplikasi kasir dimana sistem yang digunakan sudah serba online atau berbasis cloud, program dalam aplikasi kasir ini sering disebut dengan sistem POS. Aplikasi kasir ini bisa diintegrasikan dengan aplikasi pesan antar seperti Grab atau Gojek.

Tidak terbatas pada hal ini saja, aplikasi kasir juga sangat bermanfaat dalam penjualan offline dimana memungkinkan pembeli bisa membayar menggunakan berbagai metode menggunakan e-wallet seperti OVO, Dana dan lain sebagainya.

Hal ini selain memudahkan transaksi juga bentuk penyesuaian berbisnis di masa pandemi. Berjualan dengan aman dengan less contact.

Namun yang cukup menarik dari penggunaan aplikasi kasir ini adalah sebagai owner Anda bisa menginputkan lebih dari satu outlet yang dimiliki.

Dan tenang saja, semuanya akan saling terintegrasi. Sehingga semua data penjualan, uang masuk maupun kasir bisa dipantau dengan mudah. Inilah yang dimaksud teknologi dalam bidang penjualan atau bisnis, di mana lebih efisien, modern dan canggih.

2. Aplikasi Keuangan

Dalam bisnis berjualan, siapa sih yang tidak melakukan pengelolaan uangnya? Pasti semua mengurus masalah finansial ini cukup serius agar bisnis tetap bisa jalan. Kelancaran masalah keuangan salah satunya berasal dari pencatatan atau akuntansi bisnis. Di mana mengatur soal jurnal, penghitungan uang dan juga pelaporan.

Sekarang mengelola keuangan juga lebih mudah dengan menggunakan aplikasi keuangan atau software finance. Apa manfaat dari teknologi ini?

Aplikasi keuangan digunakan sebagai media untuk pencatatan, tentunya selain penulisan seperti jurnal dan laporan, aplikasi keuangan juga menampilkan data dengan visual yang menarik dan mudah dipahami secara otomatis jadi Anda tidak perlu membuat laporan manual, atau membuat grafik secara manual sebab dengan data yang ada, aplikasi ini sudah bisa membentuk grafik itu sendiri.

Inti dari aplikasi keuangan ini adalah memudahkan pengelola bisnis untuk mencatat jurnal keuangannya dengan mudah, sehingga dihasilkan laporan keuangan tanpa perlu membuat secara rumit beserta grafik pendukungnya.

Sedangkan dalam hal penggunaan, aplikasi keuangan sudah menggunakan sistem cloud sehingga data bisa diakses menggunakan perangkat apa saja dan di mana saja. Memantau keuangan juga lebih mudah dan cepat, bisa di download dengan mudah.

3. Aplikasi Sales/CRM

Dalam lingkup yang besar seperti perusahaan maupun bisnis yang terus berproduksi, pasti memerlukan agen penjualan atau sales untuk mendistribusikan produknya. Untuk mempermudah pengelolaan sales, Anda bisa mencoba aplikasi sales.

Sistem yang memudahkan sales untuk berkoordinasi, sehingga di dalamnya terdapat informasi sales, informasi customer, hasil pencapaian dan penjualan, agenda sales, target dan juga laporan penjualan. Sehingga dalam satu aplikasi/software sudah mencangkup semua proses sales.

Jika setiap progress sales sudah dilakukan maka tenaga sales hanya tinggal mencatatnya di aplikasi, semua anggota termasuk manager bisa mengikuti progressnya dengan baik.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Aplikasi Marketing, Fitur, dan Ragam Manfaatnya

Jika sebelumnya penilaian sales dilakukan secara tertulis maupun offline untuk mengetahui seberapa jauh progres yang sudah dilakukan, maka dengan aplikasi sales ini progres sales bisa diketahui secara otomatis tanpa perlu bertemu langsung.

Untuk manajer maupun owner yang langsung mengurus tentang tenaga sales, aplikasi ini cukup membantu banyak hal. Mudah, cepat dan efisien. Aplikasi sales ini juga banyak disebut dengan CRM atau customer relationship manager.



Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Bisnis

Jika Anda masih kurang yakin akan pentingnya aplikasi penjualan untuk bisnis Anda, berikut ini penjelasan beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari penggunaan aplikasi penjualan pada bisnis yang Anda jalankan.

1. Proses Transaksi Lebih Cepat

Mungkin Anda pernah merasakan mengantre lama pada sebuah toko hanya untuk membayar pesanan Anda yang jumlahnya tidak begitu banyak. Pastinya Anda merasa kesal bukan? Ya, itu sudah pasti.

Sekarang coba bayangkan jika hal ini terjadi pada pelanggan Anda, mereka pun pasti akan merasa kesal dan kecewa sama seperti Anda. Akibatnya pelanggan Anda tersebut berpikir untuk tidak bertransaksi dengan Anda lagi di kemudian hari dan hal ini tentunya merugikan Anda.

Dengan adanya aplikasi penjualan, antrean yang lama tersebut dapat teratasi karena Anda tidak perlu menulis dan menghitung manual lagi sehingga proses transaksi pun menjadi lebih mudah dan cepat.

2. Pencatatan Penjualan Lebih Mudah dan Akurat

Dengan menggunakan aplikasi penjualan, Anda akan dimudahkan dalam pencatatan mulai dari pesanan hingga pembayaran karena hal ini tersimpan secara akurat dan otomatis.

Anda tidak perlu lagi mencatat penjualan secara manual yang memakan waktu cukup lama bahkan Anda juga tidak perlu pusing menghitung secara manual total biaya pesanan dari pelanggan Anda. Sehingga dengan demikian kemungkinan terjadinya kesalahan perhitungan biaya sangat lah kecil karena semuanya dikalkulasikan secara otomatis oleh aplikasi penjualan tersebut.

3. Pengelolaan Stok Lebih Mudah

Aplikasi penjualan juga dapat memudahkan Anda dalam hal pengelolaan stok. Anda dapat mengetahui jumlah stok produk dan histori pesanan ke supplier Anda kapan saja secara mudah melalui aplikasi penjualan sehingga Anda pun bisa menentukan kapan harus menyetok ulang produk Anda tersebut.

Dengan demikian, pengelolaan stok menjadi lebih mudah karena Anda tidak perlu lagi memikirkan cara yang efektif untuk melakukan manajemen stok bahkan Anda juga tidak perlu lagi melakukan pengecekan ke gudang hanya untuk mengetahui jumlah stok produk yang kosong.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelanggan adalah hal yang terpenting dalam sebuah bisnis. Jika pelanggan Anda puas, bisnis Anda pun akan semakin dikenal dan berkembang. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan menggunakan aplikasi penjualan.



Baca Juga: 8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Ya, hal ini dikarenakan transaksi penjualan Anda akan lebih cepat mulai dari pencatatan hingga perhitungan biaya penjualan yang tentunya akan membuat pelanggan Anda merasa puas karena tidak perlu mengantri lama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

5. Analisis Penjualan Lebih Mudah

Untuk melakukan analisis hasil penjualan tidaklah mudah jika Anda masih melakukan dengan cara konvensional. Dibutuhkan waktu yang cukup lama karena Anda harus mengumpulkan data penjualan dari beberapa bulan terakhir dan kemudian menganalisisnya.

Dengan adanya aplikasi penjualan, data tersebut bisa Anda dapatkan secara mudah dan realtime sehingga hal ini juga memudahkan Anda dalam melakukan analisis penjualan dan melihat performa bisnis yang sedang Anda jalankan.

Dengan demikian Anda akan terbantu dalam pengambilan keputusan tentang langkah apa yang harus diambil untuk meningkatkan penjualan dari bisnis Anda.

6. Mudah Memonitor Bisnis

Bisnis memang harus dimonitor untuk mengetahui perkembangannya. Dengan menggunakan aplikasi penjualan, Anda akan terhubung dimana saja dan kapan saja dengan bisnis Anda secara mudah.

Anda dapat mengetahui berbagai informasi penting mengenai operasional bisnis Anda mulai dari stok produk, karyawan yang melayani setiap transaksi, produk yang banyak terjual hingga laporan penjualan.

Berikut Aplikasi Penjualan Online Terbaik

1. Mekari Qontak

Mekari Qontak merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda pilih selain dari daftar di atas. Kenapa demikian? Karena Mekari Qontak merupakan salah satu produk asli buatan tangan anak Indonesia, yang didesain untuk keamanan dan kecepatan dalam bertransaksi.

Segala fitur telah tersedia mulai dari sistem keamanan, kecepatan penjualan, akurasi pencatatan, pengelolaan inventaris realtime, laporan keuangan lengkap, hingga integrasi dengan accounting.



Anda pasti menginginkan sebuah aplikasi yang tidak hanya menangani penjualan saja, melainkan menangani keuangan pula.

Mekari Qontak yang telah terintegrasi dengan akuntansi, dapat memudahkan Anda dalam mencatat segala keperluan keuangan sehingga Anda dapat meminimalisir kerugian dalam bisnis Anda.

Berikut keunggulan dari Mekari Qontak:

  • Tetap dapat berjualan tanpa menggunakan internet.
  • Mudah dikontrol dari mana saja.
  • Dapat mengalahkan kompetitor dengan berbagai promo.
  • Dapat men-support banyak merek hardware.
  • Mudah untuk dioperasikan.
  • Integrasi akuntansi.

Dengan menggunakan Qontak, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Qontak selama 14 hari.

2. Toast

Toast merupakan aplikasi POS yang dirancang untuk digunakan oleh restoran yang berbasis di Amerika Serikat. Muncul dengan serangkaian fitur ekstensif yang membantu pengguna dalam memperbarui akun mereka sambil meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini secara efektif mengelola sebuah usaha, termasuk stok, pemesanan, dan manajemen pemesanan online.

Baca Juga: Tips Digital Marketing Otomotif Ala Lady Truck Driver Cantik Solo

Alat ini juga menghemat waktu Anda dan meningkatkan kemampuan bisnis Anda, serta membantu perusahaan Anda berkembang.

3. Vend

Solusi iPad POS terkemuka, Vend merupakan salah satu aplikasi penjualan populer di kalangan pengusaha ritel. Ia mampu menangani tugas-tugas seperti inventaris, penjualan, dan manajemen pelanggan. Alat yang dapat disesuaikan, Anda dapat menggunakan sistem persis seperti yang Anda inginkan.

Anda dapat menyesuaikan layar untuk membuat semua alat yang dibutuhkan mudah dijangkau saat memilih antara dua jenis metode entry data-dengan layar sentuh atau mouse dan keyboard. Integrasi platform dengan WooCommerce telah memberinya lebih banyak fitur untuk dapat melayani penjual online.



4. CybersysPOS

Cybersys POS adalah aplikasi Point Of Sales yang dirancang khusus untuk usaha kecil, apa pun jenisnya. Sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan seperti kedai kopi, restoran, toko perhiasan dan toko peralatan olahraga.

Ini sangat fleksibel, dengan pengguna dapat menyesuaikan sistem sesuai keinginan mereka. Produk ini dilengkapi dengan perangkat keras yang mencakup barcode scanner, cash drawer, dan printer struk dan label.

5. Square

Aplikasi penjualan barang Square adalah aplikasi selanjutnya yang layak untuk dilihat. Anda dapat menggunakan sistem untuk memproses pembayaran langsung dari toko Anda atau saat berada di lapangan karena aplikasi ini tersedia di Android dan iOS. Ini menawarkan penjualan real-time dan pelacakan stok, bersama dengan manajemen barang belum lagi pemrosesan pembayaran kartu kredit.

Kesimpulan

Dalam membuat penjualan untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu dalam proses transaksi, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda. Menggunakan kedelapan aplikasi penjualan di atas, cukup baik jika diaplikasikan dalam bisnis kelas menengah.

Baca Juga: Cara Bisnis Sukses & Naik Kelas: Digital adalah Kunci

Tetapi, Anda memerlukan aplikasi penjualan lain seperti Mekari Qontak, yang dapat membantu dalam aktivitas bisnis yang lebih besar. Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan aplikasi penjualan untuk membantu Anda dalam memajukan bisnis. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya