Mengenal 6 Perbedaan Hotel Syariah dan Hotel Konvensional
Solopos.com|lifestyle

Mengenal 6 Perbedaan Hotel Syariah dan Hotel Konvensional

Perbedaan hotel biasa dengan hotel syariah salah satunya bisa dilihat dari fasilitas yang ditawarkan.

Solopos.com, SOLO - Saat memilih hotel atau penginapan untuk liburan, pasti Anda akan menemukan penawaran hotel syariah. Lantas, tahukah Anda apa apa itu hotel syariah? Apa pula perbedaan hotel syariah dan hotel konvensional?

Buat Anda yang masih asing dengan istilah tersebut, jangan sampai hal ini membuat Anda salah pilih hotel saat liburan.

Tidak berbeda dengan konsep syariah pada setiap bisnis, hotel syariah menjalankan pengoperasiannya sesuai dengan prinsip hukum Islam. Meski demikian, hotel syariah tetap diperuntukkan bagi siapa saja, tidak terikat hanya untuk umat Islam saja.

Lebih lengkapnya, yuk, ketahui beda hotel syariah dengan hotel konvesional berikut ini!

Pasangan yang Menginap Harus Suami-Istri

Hal pertama perbedaan antara hotel syariah dengan hotel biasa adalah peraturannya yang cukup ketat. Hotel Syariah mengharuskan setiap pasangan yang ingin menginap adalah pasangan yang sah.

Karenanya, pasangan lawan jenis yang ingin menginap tidak bisa sembarangan. Biasanya, Anda harus bisa membuktikan bahwa Anda dan pasangan adalah pasangan yang sah dengan surat nikah, atau menunjukkan KTP yang berisikan alamat tempat tinggal yang sama.

Hal ini diberlakukan guna memenuhi prinsip syariat Islam yang melarang hubungan lawan jenis di luar pernikahan.

Tak Ada Alkohol

Perbedaan hotel biasa dengan hotel syariah juga bisa dilihat dari fasilitas yang ditawarkan. Pada umumnya, hotel biasa umumnya menyedikan fasilitas karaoke atau bar dan club dengan minuman-minuman beralkohol. Namun, fasilitas tersebut tak akan ditemukan di hotel syariah.

Buat Anda yang ingin liburan sambil menikmati beer favorit bersama teman-teman, pastikan menghindari hotel syariah. Jika Anda nekat, siap-siap terlibat masalah!

Ruang Ibadah yang Lengkap

Hotel syariah adalah hotel yang tepat bagi Anda yang selalu mengedepankan kenyamanan beribadah salat. Tersedia ruang ibadah untuk umum atau tamu yang nyaman.

Selain itu, di setiap ruang kamar juga sudah tersedia sajadah dan arah kiblat. Tidak sedikit juga yang menyediakan Al-Qur'an serta ruang wudu di setiap kamar mandinya. Ibadah akan menjadi lebih nyaman di hotel syariah.

Semua Makanan Berlabel Halal

Prinsip hukum Islam adalah melarang segala makanan yang haram. Hal ini juga berlaku pada hotel syariah yang hanya menyediakan makanan halal.

Meski pada hotel konvensional juga biasanya menyediakan makanan halal, namun belum tentu semua telah tersertifikasi halal. Lain halnya dengan hotel syariah yang sudah menjamin semua makanan memiliki sertifikasi halal dari MUI.

Peraturan yang Lebih Ketat

Berbeda dengan hotel konvensional, Anda akan menemukan peraturan yang lebih ketat pada hotel syariah.

Misalnya, Anda menginap dengan teman bukan lawan jenis, namun ada teman lawan jenis kamu yang ingin datang hanya sekedar main atau berkunjung. Biasanya, tamu Anda tersebut tidak bisa masuk ke kamar, melainkan hanya bisa di lobi atau di ruang tamu yang telah disediakan saja.

Desain Interior yang Lebih Islami

Saat menginap di hotel konvensional, biasanya Anda akan mendapati suasan modern dengan berbagai hiasan apa pun menempel di dinding. Beda halnya dengan hotel syariah.

Meski kebanyakan tetap mengusung konsep suasana modern, interiornya terlihat lebih islami, seperti misalnya ada hiasan bernuansa religius atau tulisan-tulisan Al-Quran.

Nah, kini sudah tahu kan beda hotel biasa dengan hotel syariah? Hotel syariah bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin traveling namun mencari akomodasi dengan konsep syariah. Tak hanya itu, hotel syariah juga bisa jadi pilihan menarik untuk sekedar menikmati staycation dalam kota bersama keluarga.

Tertarik menginap di hotel syariah? Cari lebih banyak pilihan hotel syariah di aplikasi Traveloka! Tak hanya mudah, dengan berbagai pilihan promo hotel, pengalaman menginap tak hanya nyaman namun juga jadi lebih hemat!



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago