SOLOPOS.COM - Destinasi wisata di area persawahan Svarga Bumi, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (8/3/2022). Swarga Bumi merupakan destinasi wisata di kawasan Candi Borobudur yang memadukan konsep wisata dan pertanian dengan tujuan meningkatkan perekonomian warga setempat. (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Solopos.com, SOLO — Penguatan badan usaha milik desa bersama lembaga keuangan desa harus menjadi solusi pemberdayaan masyarakat dalam rangka pengentasan warga miskin di desa. Pengentasan warga miskin di perdesaan strategis untuk menyelesaikan masalah kemiskinan secara umum.

Proses transformasi unit pengelola kegiatan program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (UPK PNPM-MPd) menjadi badan usaha milik desa bersama lembaga keuangan desa harus tuntas pada awal 2023.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekarang 515 badan usaha milik desa (BUM desa) bersama telah bertransformasi menjadi lembaga keuangan desa. Transformasi dipercepat supaya pada awal Februari 2023 selesai sesuai perintah undang-undang. Percepatan transformasi PNPM-MPd menjadi BUM desa bersama untuk percepatan mengatasi masalah kemiskinan. Penjelasan lengkap tersaji di Penguatan BUM Desa Pilihan Utama Mengentaskan Warga Miskin di Desa.

Google Doodle pada Minggu (3/4/2022) merayakan ulang tahun perempuan jurnalis terkemuka Indonesia Siti Latifah Herawati Diah. Google Doodle juga pernah menghadirkan tiga perempuan jurnalis lain asal Indonesia, yakni Roehana Koeddoes, S.K. Trimurti, dan Ani Idrus.

Google menandai peringatan hari kelahiran Siti Latifah yang ke-105 tahun. Ia lahir di Tanjung Pandan, Belitung, pada 3 April 1917 dan meninggal dunia di Jakarta pada 30 September 2016. Siti Latifah Herawati Diah lahir dari pasangan Raden Latip dan Siti Alimah.

Ayahnya merupakan seorang dokter yang bekerja di Billiton Maatschappij sedangkan ibunya merupakan lulusan pesantren sekaligus pendiri majalah perempuan Doenia Kita. Simak kisah lengkapnya di  4 Jurnalis Wanita Indonesia Jadi Google Doodle, Begini Kiprah Mereka.

Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun, 1825 hingga 1830. Perang menelan korban 200.000an jiwa penduduk Jawa. Sedangkan pasukan Belanda yang menjadi korban perang besar ini mencapai 8.000-an jiwa. Perang Jawa mencapai puncaknya pada 1830. 

Pada 21 Februari 1830 atau empat hari menjelang bulan puasa, Pangeran Diponegoro tiba di Menoreh, Bagelen (kini Purworejo), guna mengadakan perundingan dengan perwakilan Gubernur Jenderal sekaligus pejabat militer Henrik Marus Baron de Kock. Kisah lengkap bisa dibaca di Diponegoro Ditangkap Setelah Ramadan, Antara Raden Saleh dan Pieneman.

Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah mendorong seluruh pemerintah kabupaten/kota mewujudkan keterbukaan informasi publik di tingkat desa dan kelurahan. Keterbukaan informasi akan mendorong partisipasi.

Partisipasi publik yang bermakna dalam penyelenggaraan pemerintahan akan mewujudkan kesejahteraan. Beberapa tahun belakangan sengketa infomasi yang masuk ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah mayoritas terjadi di pemerintah desa. Duduk perkara bisa dibaca di Keterbukaan Mendorong Partisipasi, Partisipasi Pangkal Kesejahteraan.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya