top ear
Ilustrasi mengantuk dan lelah (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi mengantuk dan lelah (Freepik)

Mengantuk dan Lelah di Pagi Hari? Atasi dengan Langkah Ini

Mengantuk dan lelah bisa melanda kapan saja.
Diterbitkan Minggu, 7/03/2021 - 08:33 WIB
oleh Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire
4 menit baca

Solopos.com, SOLO--Saat bangun tidur, kadang kita masih merasakan mengantuk dan lelah di pagi hari. Jika dibiarkan tentu perasaan ini bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas harian kita.

Bagaimana cara mengatasi rasa mengantuk dan lelah yang muncul saat bangun pagi hari? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Sebenarnya mengantuk dan lelah bisa muncul kapan saja, saat lagi belajar, bekerja, bahkan ketika berkendara. Uniknya, rasa ngantuk justru seringkali muncul di pagi hari, ketika kita baru bangun tidur. Munculnya rasa ngantuk yang disertai perasaan pusing dan bingung di pagi hari merupakan hal yang wajar karena tubuh baru pulih dari tidur dan otak sedang mempersiapkan diri untuk memulai aktivitasnya.

Mereka yang terbiasa bangun pagi dan tidur cukup, tentu bisa mengalahkan rasa ngantuk dan lebih siap untuk beraktivitas. Sebaliknya bila kurang tidur dan tidak nyenyak, bangun pagi akan terasa berat. Kalau toh mampu bangun, rasa lelah seakan terus menempel tak mau lepas. Kalau sudah begitu, otomatis akan mengganggu aktivitas selama seharian.

Baca Juga : Nobu Tolak Jadi Saksi Di Sidang Penyebar Video Syur Gisel, Ini Alasannya

Untuk bisa mengusir rasa mengantuk dan lelah di pagi hari lakukan sejumlah langkah di bawah ini sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (6/3/2021):

1. Perbaiki jadwal tidur dan praktikkan yang benar

Cara pertama atasi mengantuk dan lelah di pagi hari adalah cari tahu apakah waktu tidur sudah cukup atau belum? Karena penyebab mengantuk dan lelah di pagi hari banyak disebabkan kurangnya waktu tidur. Oleh karena itu, cara pertama adalah memperbaiki jadwal tidur dan praktikkan dengan benar. Untuk mengatur pola tidur malam Anda, terapkan beberapa hal ini.

- Singkirkan semua gangguan setidaknya satu jam sebelum Anda tidur, termasuk telepon, televisi, dan apa pun yang menarik minat Anda.
- Pastikan kamar Anda terasa sejuk, ruang gelap atau cahaya redup.
- Berhenti mengonsumsi makanan setidaknya dua jam sebelum tidur. Termasuk hindari makanan berat atau pedas di malam hari.
- Putuskan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk mengatur pola tidur Anda.

2. Nyalakan lampu dan ekspos diri ke sinar matahari

Begitu Anda terbangun dari tempat tidur, segera nyalakan lampu kamar Anda. Agar mata segera terbuka lepas, cahaya lampu bisa membantu mata terjaga dan tidak membuat Anda mengantuk dan lelah. Selain itu, ekspos diri Anda pada sinar matahari pagi. Buka gorden atau jendela dan biarkan sinarnya masuk ke dalam kamar dan menyinari Anda.

3. Kurangi kafein

Minuman kafein seperti kopi dan teh kerap jadi andalan untuk mengusir rasa mengantuk dan lelah di pagi hari. Sedikit kafein itu baik dan tidak disarankan mengonsumsi secara berlebihan. Sebelum mengonsumsi salah satu minuman itu, pastikan kamu telah minum air putih untuk mencegah efek negatif dari kafein.

Minuman seperti kopi bisa memberikan pengaruh yang berbeda-beda ada setiap orang. Jadi, jika Anda merasa cemas setelah minum kopi atau minuman yang mengandung kafein, segera batasi itu dan konsumsi air putih untuk menetralkan kadar asam dalam tubuh.

4. Bangunkan diri dengan air mineral

Kekurangan cairan atau asupan air bisa membuat Anda masih merasa mengantuk dan lelah. Karena itu begitu bangun segera konsumsi air putih atau mineral untuk menyadarkan diri Anda. Untuk mendapatkan manfaat komplit dari air mineral, pastikan Anda minum air mineral yang berasal dari pegunungan alami, diproses dengan Teknologi Mineral Protection System untuk melindungi kandungan air dan mineral alami. Selain itu, minum juga bisa merangsang buang air besar di pagi hari, sehingga membuat Anda lebih tersadar dan bangun dari tidur.

5. Lakukan peregangan

Ilustrasi melakukan peregangan (Freepik)
Ilustrasi melakukan peregangan (Freepik)

Berolahraga adalah cara alami tubuh Anda untuk bangun setelah sebelumnya tidak banyak bergerak di malam hari. Anda bisa mulai olahraga dengan intensitas rendah untuk mengatasi rasa ngantuk dan lelah di pagi hari, yang bukan disebabkan kondisi medis. Bisa juga melakukan beberapa latihan peregangan cepat seperti drop squat, side bends, star jump, dan side shuffles.

Baca Juga : Awas! 4 Jenis Ruam Kulit Ini Bisa Jadi Gejala Covid-19

Awalnya mungkin terasa melelahkan, tetapi Anda akan segera melihat perubahan pada tingkat energi Anda.

6. Cuci wajah hingga mandi air dingin

Setelah membasahi mulut dan tenggorokan Anda, lanjutkan mencuci wajah untuk mendapatkan kesegaran secara langsung dan membuat mata terjaga. Jika cuci wajah tidak cukup, segerakan untuk mandi air dingin di pagi hari.

Air dingin yang mengalir dari ujung rambut sampai kaki dikenal ampuh untuk membangunkan orang dari rasa ngantuk dan lelah di pagi hari. Membuat aliran darah terasa lancar dan memberikan energi untuk menjalani aktivitas. Jika Anda tidak mampu menggunakan air dingin, bisa juga memilih dengan air hangat, namun menjelang akhir siramlah dengan air dingin selama beberapa detik.

7. Sarapan pagi sehat dan bergizi

Sarapan yang sehat dan sehat akan memberikan energi untuk menjalani hari. Jadi jangan lupa makan meski Anda sedang terburu-buru atau terlambat. Cobalah untuk menghindari makanan dengan tambahan gula karena dapat memicu penurunan glukosa dan membuat Anda merasa lelah.

Baca Juga : Ada Penipuan Vaksinasi Covid-19 Berbayar, Begini Modusnya

Buat Anda yang tidak punya waktu banyak untuk sarapan bisa konsumsi instant oatmeal. Tinggal tambahkan air panas saja, terus aduk dan tambahkan topping sesuai selera kalian sebagai pelengkap. Selain mudah menyiapkannya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat, oatmeal mengandung zat besi tinggi yang mampu menjaga daya tahan tubuh di kondisi pandemi sekarang.

 


Editor : Profile Astrid Prihatini WD
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya