Mengalami Gangguan Sulit Ereksi? Ketahui Pemicunya
Solopos.com|lifestyle

Mengalami Gangguan Sulit Ereksi? Ketahui Pemicunya

Untuk mengatasinya, ketahui pemicu masalah sulit ereksi.

Solopos.com, JAKARTA–Sebagian pria mungkin pernah mengalami sulit ereksi sebelum mereka melakukan hubungan suami istri. Ada sejumlah faktor penyebab mengapa Mr P sulit “berdiri”.

Untuk mengatasi masalah sulit ereksi ini, simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Seseorang menginginkan seks atau bercinta dipengaruhi oleh gairah seksual. Untuk seseorang memiliki gairah seksual yang tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, faktor tersebut mencakup psikologis dan fisik.

Dikutip dari Medical News Today, meskipun kedua faktor ini sering kali berjalan seiring, beberapa orang mungkin kesulitan dengan salah satu atau kedua aspek gairah tersebut. Sehingga akhirnya memicu problem sulit ereksi.

Baca Juga: Ini Cara Memperbaiki Toxic Relationship, Mau Coba?

Jika masalah tersebut tidak dapat diselesaikan berdua bersama pasangan, pilihan lain adalah bertanya kepada dokter. Berikut ini penyebab sulit ereksi sebagaimana melansir dari Medical News Today dan detikcom, Sabtu (10/4/2021):

1. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi merupakan penyebab paling umum laki-laki mencari bantuan untuk masalah seksual. Sejumlah perawatan diketahui berhasil untuk mengatasi masalah sulit ereksi ini.

Disfungsi ereksi bisa terjadi karena orang tersebut mengalami stress dan memiliki masalah dalam hubungan sehingga berpengaruh pada gairah seks.

2. Depresi dan Stres

Masalah sulit ereksi juga berkaitan dengan kesehatan mental. Otak merupakan zona sensitif seksual yang sering diabaikan. Gairah seksual dimulai di kepala dan bekerja ke bawah. Depresi dapat membuang hasrat dan ini dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Ironisnya, banyak obat yang dipakai untuk mengobati depresi juga dapat menekan dorongan seksual sehingga membuat lebih sulit mendapatkan ereksi.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Ubah Bad Mood Menjadi Good Mood

3. Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan pun dapat menyebabkan sulit ereksi. Obat-obatan yang kerap menyebabkan ED antara lain obat-obatan untuk tekanan darah, obat penahan rasa sakit, dan antidepresan. Amfetamin, kokain, dan ganja pun dapat menyebabkan masalah seksual pada pria.

4. Perut Buncit

Perut buncit juga bisa memicu sulit ereksi. Sebab pria obesitas menghasilkan lebih sedikit hormon testosteron, padahal hormon ini penting untuk aktivitas seksual. Kelebihan berat badan juga terkait dengan tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah yang dapat mengurangi aliran darah ke penis.

5. Citra Diri

Citra diri yang negatif dapat membuat Anda khawatir tidak hanya tentang bagaimana Anda melihat diri sendiri tetapi juga seberapa baik performa Anda di tempat tidur. Kecemasan ini dapat membuat Anda terlalu khawatir, bahkan untuk mencoba seks. Hal ini bisa memicu sulit ereksi.

6. Libido Rendah

Libido rendah berbeda dengan disfungsi ereksi, tetapi banyak faktor yang sama yang menyebabkan terhambatnya ereksi dan berkurangnya minat pada seks. Ketika semua orang khawatir ketagihan bercinta, seseorang dengan libido rendah justru merasa tidak tertarik.

7. Kesehatan

Kesehatan yang berbeda-beda pada setiap orang dapat mempengaruhi saraf, otot, atau aliran darah yang diperlukan untuk mendapat ereksi. Diabetes, tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah, cedera tulang belakang dan multiple sclerosis juga berkontribusi pada kemampuan ereksi. Operasi untuk mengobati masalah prostat atau kandung kemih pun dapat mempengaruhi saraf dan pembuluh darah yang mengontrol ereksi.

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago