SOLOPOS.COM - Unggahan warganet yang disebut sebagai harga di warung Nasi Liwet Wongso Lemu Solo (Facebook Info Wong Solo)

Seorang warganet mengaku membayar Rp365.000 saat makan di nasi liwet Bu Wongso Lemu Solo.

Solopos.com, SOLO — Seorang warganet mengaku memiliki pengalaman tak menyenangkan setelah makan di sebuah warung nasi liwet legendaris di Solo. Pemilik akun Facebook Sapto Harjono menceritakan pengalamannya membayar makanan dengan harga fantastis di dinding grup Facebook Info Wong Solo, Selasa (27/6/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sapto Harjono mengaku sempat makan di warung nasi liwet Bu Wongso Lemu, Keprabon, Banjarsari, Solo, dan sangat terkejut saat membayar makanan yang telah disantap. Sebab, harga makanan di warung kuliner legendaris yang dipesan di luar dugaannya.

Lur piye pendapatmu muk madang sego liwet nang bu Wongso Lemu Keprabon iso entek 365 rb (3 nasi liwet 70rb, 1 nasi liwet komplit dada 30rb, 1 nasi liwet suwiran ayam 15rb, 1 es kelengkeng 20rb, nambah nasi liwet komplit paha 35rb, tambah 2 uritan 30rb, keterangan luwih lanjut difoto wae bon-ne. Isin rame, tp sesuk bakal lapor nang Dinas Pariwisata,” tulis Sapto Harjono.

Ditilik Solopos.com dari laman grup Facebook tersebut, Rabu (28/6/2017) malam, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 97 kali, dan mendapat lebih dari 1.200 komentar. Beberapa warganet juga menceritakan pengalaman serupa yang meraka alami. Mereka menilai tak semestinya pedagang menaikkan harga terlalu tinggi.

“Aku juga sama lur. Makan di timur gapura Nologaten, Jogja, cuma nasi rames bertiga habis Rp76.000. Menunya dua orang pakai telur, satunya cuma pakai oseng tahu. Yang dua pakai oseng kikil. Nasinya seporsi nasi kucing tapi mahal banget. Aku tanya ke penjualnya, katanya memang harganya naik. Sementara orang di sebelahku beli nasi gudeg pakai telor tiga bungkus cuma Rp48.000,” ungkap Achonk Sunkid.

“Hari Raya memang semuanya mahal. Biasanya kan memang mahal. Tempat makan yang sudah punya nama pasti mahal. Kemarin aku beli sate di Banyuanyar, Solo juga kaget. Sate Rp45.000, es teh Rp5.000, nasi Rp10.000. Jajan sate kambing berdua habis lebih dari Rp100.000,” sambung Supriyanto.

Sementara itu, beberapa warganet lainnya menyarankan untuk mengecek terlebih dahulu harga makanan yang ditawarkan di warung tersebut. Sebab, fenomena seperti itu memang sudah kerap terjadi di hari raya.

“Pasti kan ada daftar harganya. Kalau uangnya enggak cukup ya enggak usah jajan terus marah-marah seperti ini. Kalau pengin murah ya makan di rumah saja. Wajar kalau Lebaran makan di tempat wisata atau restoran mahal,” saran Sutris Adel.

“Makanya, besok lagi bawa bekal dari rumah. Tinggal cari tempat di bawah pohon sambil menggelar tikar dan makan bareng keluarga. Tambah sepuasnya, tapi jangan lupa kebersihan tempat dijaga,” usul Charlitoz El Messia.

Nasi liwet Bu Wongso Lemu sering mendapatkan review beragam oleh warganet di berbagai forum dunia maya. Pantauan Solopos.com Di Foursquare, Rabu malam, rata-rata rating yang diberikan warganet adalah 6,2 dari 10. Sedangkan di Google Review, tempat makan legendaris ini mendapatkan rating 3,3 dari 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya