[ X ] CLOSE

Meneruskan Usaha Orang Tua, Kini Acasha Nursery Merambah Luar Jawa

Ada cerita kegigihan meneruskan usaha tanaman hias dan buah, Acasha Nursery yang dirintis orang tua hingga bisa berjualan hingga luar Jawa.
Meneruskan Usaha Orang Tua, Kini Acasha Nursery Merambah Luar Jawa

Solopos.com, SUKOHARJO – Acasha Nursery nama usaha budidaya tanaman hias dan buah yang digeluti keluarga Amorizza Wury Hartanti dan adiknya Tiara Karunia Kristy kini telah berkembang pesat. Bahkan pembelinya pun ada yang berada di luar Pulau Jawa.

Namun, untuk bisa mendapatkan itu semua tak semudah membalikan telapak tangan. Ada kegigihan dibalik usaha Amorizza dan saudaranya mengembangkan usaha yang dirintis bapaknya tersebut. Apalagi usaha itu digeluti di rumah bukan di kios tersendiri.

Cerita usaha keluarga, Acasha Nursery tersebut pun mengalir dari Tiara yang kini masih duduk di STIKES Nasional. Usaha tersebut awalnya dirintis, Yohanes Mulyadi yang tak lain bapak dari Tiara pada 1980 an. Saat mengawali usaha bapak Tiara yang sudah meninggal, hanya fokus pada tanaman hias bonsai.

Baca juga: Selamat! Inilah 50 UMKM yang Lolos Seleksi Peserta UMKM Virtual Expo 2021

Sebagai guru SD, Yohanes Mulyadi menjadikan usahanya sebagai tambahan sekaligus hobi yang digeluti di rumahnya . Kemudian kian berkembang ketika Yohanes memasuki masa pensiun pada 2010. Tak hanya tanaman hias bonsai yang ada di Acasha Nursery, namun juga tanaman buah termasuk bibit dan media tanam.

Usaha tersebut mengalami pasang surut, karena tergantung tanaman apa yang booming di masyarakat. Namun Yohanes Mulyadi tetap dengan tekun menggeluti usahanya itu. Hingga akhirnya pada 2018 dia mengalami stroke dan akhirnya meninggal pada 2020.

“Terus terang ini duka bagi kami, karena dari usaha bapak kami bisa sekolah dan memenuhi kebutuhan dibantu kakak-kakak kami. Kondisi ini pun membuat mbak Amorizza, saya, dan ibu bertekad meneruskan Acasha Nursery,” jelas Tiara.

Baca juga: Kabar Baik Bagi Pelaku Usaha, Pemerintah Perpanjang Insentif Pajak

Acasha Nursery Sukoharjo
Tiara Karunia Kristy menunjukan koleksi tanaman hias yang ada di Acasha Nursery. (Istimewa)

Acasha Nursery Merambah Marketplace

Beruntung selama ini Tiara dan saudaranya sering diajak berkebun bareng dengan bapak. Sehingga ada pengetahuan yang didapat soal tanaman hias dan buah. Kendati tak sebanyak yang dimiliki orang tuanya.

Namun, perjuangan mereka kemudian mendatangkan hasil, berkat ketekunan dan keinginan kuat untuk melanjutkan usaha. Tak hanya itu, berkas usaha tanaman hias dan buah, Amorizza dan Tiara pun bisa kuliah.

“Saya sudah lulus dan baru diwisuda Sabtu 17 Juli 2021. Kalau adik, Tiara masih kuliah di STIKES Nasional,” tutur Amorizza.

Kini Acasha Nursery sudah merambah dunia online, tidak hanya di Facebook dan Instagram, namun sudah jualan di marketplace.

“Sangat bersyukur, karena pembeli tak hanya dari Soloraya, namun ada yang dari Sumatera dan Bali. Ini juga memberikan kami pelajaran bagaimana mengurus karantina untuk pengiriman tanaman,” ujar Tiara kepada Solopos.com.

Baca juga: Pukis Pasar Gede, Camilan Tradisional Solo ini Favorit Katon Bagaskara Hlo

Keinginan untuk terus memajukan usaha menjadikan Amorizza peserta UMKM Virtual Expo 2021 yang digelar Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Solo dengan Solopos Media Group. Pelatihan ini diikuti puluhan peserta dan digelar secara bertahap, April – Juni 2021.

“Dapat ilmu baru tentang berjualan online yang sangat membantu usaha Acasha Nursery. Apalagi saat ini PPKM sehingga meminimalkan tatap muka antara penjual dan pembeli. Termasuk pengetahuan pembayaran non tunai,” terang Amorizza didampingi Tiara.

Karena di UMKM Virtual Expo 2021 banyak pengetahuan yang didapatkan dan berhubungan langsung dengan pelaku usaha yang tengah menjalani bisnis online. Termasuk juga, lanjutnya, ada pembelajaran memotret objek yang akan dijual online.

“Ternyata ada tekniknya agar foto yang dihasilkan lebih menarik. Sangat membantu dalam pemasaran usaha tanaman hias dan buah, Acasha Nursery,” ujar dia.

Kini usaha yang digeluti di rumah yang terletak di Dusun Pusposari RT 003, RW 006, Desa Wironanggan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo semakin berkembang. “Bisa berkunjung langsung, atau menengok akun Instagram: acashanursery2,” pungkasnya.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago