SOLOPOS.COM - Komunitas Hijabers Semarang bersama anak-anak panti asuhan Ashobariyah, Jumat (8/4/2022). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Komunitas Hijabers Semarang menggelar kegiatan sosial di Panti Asuhan Ashobariyah yang berada di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jumat (8/4/2022) lalu.

Lokasi panti asuhan tersebut berada agak jauh dari pemukiman dan dikelilingi pohon-pohon rindang sehingga membuat panti tersebut tak banyak diketahui orang luar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Terlebih bangunan yang masih baru dan sebagian sedang direnovasi menjadikan panti ini terkesan tak terurus.

Baca Juga: Gandeng ACT Solo, SoloposFM Gelar Buka Bersama di Panti Asuhan An-Nisa

Kendati demikian, sudah ada 15 anak yang tinggal bersama layaknya keluarga dari usia sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMA).

Saat memasuki kawasan panti itu, terdapat masjid di sebelah kiri. Apabila mengambil langkah sebelah kanan dan menuruni tangga, terdapat bangunan tempat anak-anak itu beristirahat.

Bergeser pada bangunan di belakang dua tempat tersebut, terdapat bangunan yang belum berbentuk sempurna lantaran masih renovasi.

Namun, Panti itu seakan sudah menjadi tempat tinggal, tempat bermain hingga belajar bersama-sama oleh belasan anak tersebut.

Baca Juga: TNI/Polri, Komunitas & Artis Bantu Supeltas & Panti Asuhan di Sukoharjo

Luas bangunan Panti Ashobariyah diperkirakan hanya sekira 60 meter persegi. Lantai yang digunakan sebagai pijakan terbuat dari semen tanpa ubin apalagi keramik.

Atapnya yang menggunakan galvalum baja ringan, membuat terik matahari begitu terasa hingga ke dalam ruangan.

Komunitas Hijabers Semarang bersama anak-anak panti asuhan Ashobariyah, Jumat (8/4/2022). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Pondok itulah yang menyita perhatian komunitas Hijabers Semarang hingga pada pekan pertama Ramadan tahun ini, puluhan wanita mengadakan kegiatan sebar kebaikan dengan tema Sedekah Jumat.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh anggota komunitas menyalurkan donasi di Panti Asuhan Ashobariyah.

Baca Juga: Syukuran HPN 2022, Polres Klaten dan Wartawan Baksos ke Panti Asuhan

Kordinator Hijabers Semarang, Fadila mengatakan, progaram tersebut sebagai bentuk kunjungan ke sejumlah panti asuhans sekaligus penyaluran sedekah. Di antaranya ada makanan, sembako atau kebutuhan pokok, snack, buah-buahan hingga uang tunai.

“Jadi program Sedekah Jumat ini salah satu bentuk penyaluran sedekah. Mumpung lagi Ramadan juga, kami bisa berkunjung ke panti sekaligus buka bersama mereka,” kata Fadila, di sela-sela membagi donasi, Jumat (8/4/2022).

Bukan tanpa alasan Fadila memilih Panti Ashobariyah ini, sebab ia melihat kondisi panti yang memang perlu perhatian serius. Selain itu, pondok tersebut juga tergolong baru dan belum memiliki donatur tetap.

Baca Juga: Solia Hotel Yosodipuro Ajak Anak Panti Asuhan Piknik Naik Bus Werkudara

“Salah satu pengurus pernah menghubungi saya, intinya dia menyampaikan panti ini butuh bantuaan. kemudian ini (panti) baru juga, masih banyak sarana dan prasarana yang belum memadai untuk keperluan anak dipanti,” pungkas dia.

Fadila berharap, adanya bantuan ini dapat meringankan beban dalam memperbaiki fasilitas yang lebih memadai.

Sehingga, anak-anak yang berada di panti Ashobariyah dapat tinggal, bermain hingga belajar dengan layak dan penuh perhatian.

“Terlebih kami juga ingin menyampaikan bahwa disini juga ada panti yang memerlukan perhatian serius juga, butuh bantuan dan uluran tangan,” sebut dia.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-3, Ayom Java Village Pilih Ke Panti Asuhan

Pengurus Panti Ashobariyah, Muhammad Giri, 21, mengungkapkan di pantinya terdapat 15 anak yang tinggal selayaknya keluarga.



Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang telah diberikan untuk membantu pembangunan agar bisa lebih baik.

“Tadi sangat meriah dan terima kasih sudah bisa berbagi bersama anak-anak disini. Terus Asrama ini memang masih tahap pembangunan, karena yang lama sudah tidak lama ditempati, masih sanitasi dan perlu perbaikan,” pungkas mahasiswa Universitas Wahid Hasim Semarang (Unwahas) itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya