Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Menengok Koleksi Museum RA Kartini di Jepara, Bisa Virtual Tour

Koleksi benda-benda peninggalan RA Kartini di Museum RA Kartini saat ini bisa dinikmati secara daring atau virtual.
SHARE
Menengok Koleksi Museum RA Kartini di Jepara, Bisa Virtual Tour
SOLOPOS.COM - Koleksi lukisan keluarga besar RA Kartini di Museum Kartini, Kabupaten Jepara, Kamis (21/4/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, JEPARA — Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Hari kelahiran pahlawan nasional sekaligus tokoh emansipasi perempuan itu pun turut dirayakan di sejumlah tempat di kota kelahirannya, Jepara, salah satunya adalah Museum RA Kartini.

Museum RA Kartini di Jepara menyambut Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2022) dengan berbagai inovasi. Salah satunya adalah inovasi tour dan pameran secara virtual untuk masyarakat yang ingin mengetahui kisah tentang RA Kartini.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabuaten Jepara, Lia Supasdiani, mengatakan adanya inovasi pameran dan tour virtual itu diharapkan mampu mengenalkan Museum RA Kartini kepada masyarakat, terutama yang berada di luar Kabupaten Jepara.

“Adanya virtual ini, dapat menjadi wahana wisata edukasi dan jadikan sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dengan banyak yang berkunjung, dapat memberika dampak pertumbuhan dan penguatan ekonomi masyarakat juga,” kata Lia kepada Solopos.com, Kamis (21/4/2022).

Baca juga: Mengenal Sosok RA Kartini, Ini Biografinya

Dalam pameran dan tour virtual itu masyarakat yang ingin mengetahui tentang koleksi museum tidak perlu datang langsung ke Museum Kartini. Pengunjung bisa melihat koleksi-koleksi museum secara virtual atau daring.

“Ada empat ruang yang kami pamerkan secara virtual. Masyarakat bisa mengakses melalui kanal Youtube Museum RA Kartini. Selain itu, kami juga kerap melakukan streaming secara langsung,” ujar Lia.

Lia mengatakan dari empat ruang yang dipamerkan itu memiliki ciri khas. Seperti ruang koleksi benda-benda peninggalan RA Kartini. “Ada juga Ruang Darussalam, yang isinya tentang koleksi benda Sosrokartono [kakak Kartini], termasuuk lukisan keluarga RA Kartini,” jelasnya.

Selain itu ada juga Ruang Jepara Kuno yang menampilkan koleksi benda-benda sejarah tentang Jepara pada masa dulu, seperti Prasasti Candi Angin dan temuan-temuan arkeolog. Kemudian juga terdapat ruang kerajinan khas Jepara.

Baca juga: Jejak Kartini di Semarang, Ini Hotel Favoritnya yang Kini Mangkrak

Kepala Disparbud Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza, mengatakan telah menyiapkan berbagai kegiatan pada peringatan Hari Kartini tahun ini. Selain virtual tour di Museum Kartini, pihaknya juga menggelar pameran di Pendapa RA Kartini.

“Pameran kali ini mengambil tema ‘Digdaya Perempuan Jepara’, yang akan diikuti oleh kurang lebih sepuluh kelompok usaha perempuan dengan materi yang beragam,” kata Zamroni.

Sementara itu, untuk virtual tour di Museum Kartini akan digelar mulai dari tanggal 21 April. Selain itu juga akan digelar seminar bertajuk Raden Mas Panji Sasrokartono: Sang Mandor Klungsu yang Mendunia. Seminar ini akan diikuti oleh guru sejarah dan IPS dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Jepara pada Sabtu (23/4/2022).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode