Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

Tiga astronaut China berhasil mendarat di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021), setelah perjalanan luar angkasa 90 hari.
Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu
SOLOPOS.COM - Suasana pascapendaratan tiga astronaut China di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021). (Gambar: Youtube CNSA)

Solopos.com, BEIJING – Tiga astronaut China mendarat di Gurung Gobi, Jumat (17/9/2021) siang, setelah perjalanan di luar angkasa selama 90 hari. Meski dinyatakan datang dalam kondisi baik, tiga astronaut tersebut ditandu setelah keluar dari kapsul.

Mereka adalah Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo. Pendaratan mereka disiarkan langsung oleh TV nasional China, CCTV.

Pantauan Solopos.com, pergerakan kapsul yang memuat tiga astronaut tersebut termonitor mulai dari penampakan cahaya di udara. Sorotan kamera yang disiarkan CCTV menggambarkan mulai para astronaut berkomunikasi dari dalam kapsul.

Baca Juga: Indosat dan Tri Merger, Potensi Pendapatan Rp42 Triliun

Sekitar 10 menit, siaran menampilkan kapsul melayang-layang di udara dan akhirnya berhasil mengembangkan parasut berwarna merah putih. Pengawalan helikopter juga terlihat tak lama sebelum kapsul mendarat di gurun.

Kepulan asap dari dentuman kapsul pada gurun menandai pendaratan tiga astronaut itu berhasil. Tim segera melakukan bantuan pembukaan kapsul hingga membawa tiga astronaut keluar dan duduk di atas tandu.

Baca Juga: Giliran Xiaomi Luncurkan Pad 5 Seharga Hampir Rp6 juta

Para astronaut juga terlihat diperiksa petugas untuk memastikan kondisi mereka. “Karena sistem imunitas mereka mungkin melemah setelah misi Panjang,” kata Kepala Perancang Proyek Luar Angkasa Berawak China, Huang Weifen, saat diwawancara CCTV.

Sebagaimana dilansir Detik.com, para astronaut juga akan menjalani masa karantina selama 14 hari.

Sebagai informasi, misi pengiriman astronaut tersebut untuk mengirimkan kendaraan luar angkasa ke Mars dan Bulan. Tiga astronaut tersebut tinggal di stasiun luar angkasa Tiangong dan melakukan spacewalk serta eksperimen ilmiah.

Baca Juga: Apple Luncurkan iPhone 13 Pro, Pamer Kamera Bisa Dipakai Bikin Film Profesional

Ucapan selamat mengalir untuk menyambut tiga astronaut tersebut. Akun stasiun luar angkasa China juga menulis lewat kicauannya. “Selamat datang di bumi!,” tulis akun Chinese Space Station-Tiangong.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago