Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Mendag Sebut Harga Kebutuhan Pokok di Yogyakarta Paling Rendah, Setuju?

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut harga kebutuhan pokok di Daerah Istimewa Yogyakarta paling rendah dibandingkan dengan daerah lain.
SHARE
Mendag Sebut Harga Kebutuhan Pokok di Yogyakarta Paling Rendah, Setuju?
SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat memantau harga minyak goreng di Pasar Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022).(Bisnis)

Solopos.com, KULONPROGO — Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut harga kebutuhan pokok di Daerah Istimewa Yogyakarta paling rendah dibandingkan dengan daerah lain, khususnya daerah luar Jawa.

Hal itu disampaikan Zulkifli seusai pemantauan harga di Pasar Wates, Kabupaten Kulonprogo, Kamis (11/8/2022). Mendag menyebut harga pangan seperti cabai merah di tingkat pedagang Pasar Wates senilai Rp50.000 per kilogram dan cabai merah keriting seharga Rp60.000 per kilogram.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“Jadi harga cabai sudah jauh turun, tadinya cabai keriting itu Rp130.000 per kilogram, sekarang di Yogyakarta berkisar Rp50.000 sampai Rp60.000 per kilogram. Cabai merah besar Rp50.000, dan cabai keriting Rp60.000 per kilogram,” kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan harga daging ayam juga mengalami penurunan. Saat ini, harga daging di DIY berkisar Rp27.000 sampai Rp28.000 per kilogram. Kemudian, harga minyak goreng curah sudah turun, dari kisaran Rp20.000 per kilogram menjadi Rp16.000 per kilogram.

Baca Juga: SDN 1 Delegan Sleman Terbakar, KBM Bakal Dilakukan Sistem Shift

“Harga beras stabil. Bawang juga turun banyak, waktu saya [awal] jadi menteri Rp80.000 per kilogram, sekarang di sini Rp34.000 sampai Rp35.000 per kilogram,” katanya.

Dalam kesempatan ini, menurut Zulkifli Hasan, harga makanan yang sehari-hari menjadi kebutuhan rakyat seperti tempe, terpantau untuk satu kantong mencapai Rp5.000.

“Memang di Yogyakarta, uang Rp5.000 itu masih laku, bisa beli makan tadi satu bungkus makanan. Jadi harga-harga di Yogyakarta, saya kira yang paling rendah selama saya kunjungan ke pasar,” katanya.

Baca Juga: Laka Maut Bus Sugeng Rahayu & 2 Motor di Madiun, Sopir Jadi Tersangka?

Sementara itu, Kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulonprogo, Sudarna mengatakan harga kebutuhan pokok di Kulonprogo sudah mengalami penurunan.

Beberapa waktu lalu, harga cabai mengalami tren kenaikan, sekarang mulai turun. Hanya satu jenis cabai yang harganya terpantau naik, yakni cabai rawit hijau.

Selain itu, harga daging ayam juga terpantau turun. Saat ini, harga daging ayam berkisar Rp27.000 sampai Rp28.000 per kilogram.

“Harga kebutuhan pokok di Kulon Progo sudah stabil, apalagi harga minyak goreng curah sudah stabil dari rentan Rp14.000 sampai Rp16.000 per liter,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode