Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Mendag Beri Izin Impor 3 Komoditas Pangan, Ini Tujuannya

Kementerian Perdagangan mengeluarkan izin impor untuk tiga komoditas pangan untuk tahun ini untuk memastikan pasokan konsumsi di dalam negeri.
SHARE
Mendag Beri Izin Impor 3 Komoditas Pangan, Ini Tujuannya
SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memberikan izin impor untuk tiga komoditas pangan. Yakni gula, daging sapi, dan bawang putih untuk tahun ini.

Menurut Mendag, izin impor dikeluarkan untuk memastikan pasokan konsumsi di dalam negeri memadai, sekaligus antisipasi gejolak harga.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Namun, Lutfi tidak memperinci kuota impor yang telah dikeluarkan. Dia hanya memastikan volume impor lebih dari cukup sebagai stok cadangan ketika terjadi kenaikan harga.

“Untuk gula, izin impornya sudah saya keluarkan. Stok akan menjadi lebih dari cukup untuk memastikan bahwa kalau terjadi kenaikan harga kita mempunyai ketersediaan yang cukup untuk kepentingan nasional,” kata Lutfi dalam konferensi pers pada Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Jangan Asal Ikutan, Ini Bahaya Unggah Swafoto KTP-el Menjadi NFT

Lutfi tidak bisa mengungkapkan volume impor daging sapi yang direncanakan pemerintah. Alasannya pasokan dan permintaan global dalam kondisi ketat sehingga harga menjadi sensitif. Tetapi, dipastikan izin impor telah dikeluarkan dengan pemasukan yang telah dimulai pada Januari 2022.

“Saya pastikan seluruh izin sudah keluar. Bahkan beberapa yang sudah ada izinnya akan sampai di pelabuhan minggu depan atau pekan terakhir Januari. Angkanya sudah lengkap,” katanya dikutip Bisnis.com.

Meski Lutfi tidak memperinci kuota impor dua komoditas ini, laporan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebelumnya menyebutkan bahwa kebutuhan gula mentah untuk gula kristal putih (GKP) maupun GKP langsung pada 2022 mencapai 900.000 ton.

Baca juga: Minyak Goreng Rp14.000 per Liter, Mendag Minta Tak Ada Panic Buying

Sementara perhitungan awal Kementerian Pertanian menyebutkan kebutuhan impor daging sapi maupun kerbau pada 2022 berjumlah 226.065 ton.

Untuk bawang putih, Mendag memperkirakan impor komoditas berkisar 500.000 ton. Hal ini berkaca pada realisasi tahun lalu, di mana pemasukan bawang putih mencapai 475.000 ton dari persetujuan impor sebanyak 600.000 ton yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan.

Adapun rekomendasi teknis dari Kementerian Pertanian untuk impor bawang putih mencapai 864.000 ton pada 2021.

“Biasanya memang kita mengimpor untuk bawang putih sekitar 500.000 ton. Dan ini sesuai dengan apa yang sudah kita jalankan dari tahun ke tahun,” kata dia.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode