SOLOPOS.COM - Iustrasu proyek JJLS - Harian Jogja/David Kurniawan

Solopos.com, JOGJA — Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Kretek-Girijati di Gunungkidul dan Bantul atau tepatnya di Kelok 18 akan dilengkapi dengan rest area di puncak. Tempat ini disebut-sebut bakal jadi destinasi wisata baru bagi masyarakat.

Pemda DI Yogyakarta memastikan proses pembebasan lahan untuk konstruksi Kelok 18 telah rampung. Adapun untuk penyiapan lahan rest area masih dikomunikasikan antara pemerintah pusat dan daerah.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Kabid Bina Marga Dinas PUP-ESDM DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri, mengatakan pihaknya sudah pernah mendapatkan informasi dari pusat terkait rencana pembangunan rest area di Kelok 18. Namun, untuk titik yang akan dibangun belum diketahui sehingga pembebasan lahan belum dilakukan.

Selama ini, pembebasan lahan di sepanjang Jalur Pansela dilakukan oleh Pemda DIY. Jika nantinya akan dibangun rest area, tentunya pembebasan lahan yang dilakukan akan melihat ketersediaan anggaran dan kajian terlebih dahulu.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ngeri! 3 Anak di Bantul Jadi Korban Predator Seksual, Begini Modusnya

“Pernah mendengar rencana adanya rest area [di Kelok 18], namun terkait pengadaan lahan untuk hal tersebut [rest area] belum ada komunikasi. [Jika diminta menyediakan lahan] Tentunya dengan memperhatikan ketersediaan anggaran dan adanya kajian terlebih dahulu,” katanya kepada Solopos.com, Senin (11/7/2022).

Ia mengakui ada sejumlah manfaat jika dibangun rest area di kawasan tersebut, apalagi diperkirakan bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan pengguna jalan di JJLS.

Rest area tersebut nantinya bisa menjadi tempat istirahat dengan suguhan pemandangan alam yang menarik kawasan Pantai Selatan. Selain itu keberadaannya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga. Karena warga bisa terlibat dalam berbagai aktivitas ekonomi di kawasan tersebut.

“Seandainya nantinya terbangun rest area, harapannya selain sebagai tempat istirahat yang nyaman dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Juga harapannya akan meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya,” ucapnya.

Baca Juga: TPR Parangtritis Ditabrak Mobil Sampai Hancur, Diduga Sopir Ngantuk

Adapun untuk pembebasan lahan konstruksi Kelok 18, ia memastikan telah selesai. Pembebasan lahan Kelok 18 mulai dianggarkan sejak di 2017, kemudian ada perluasan lahan di 2022 ini dengan ditambah sebanyak 54 bidang dengan total luas sekitar 3 hektare. Pembebasan lahan ini menggunakan dana sekitar Rp30 miliar.

“Pembebasan lahan Kelok 18 sudah terlaksana pelepasan haknya, saat ini sudah proses pembayaran, sebagian sudah pembayaran dan ditransfer ke yang berhak, kemudian ada beberapa yang proses. Persentase secara umum dilepaskan semua hanya proses pembayaran sampai bagian keuangan, kalau bisa dikatakan sudah selesai tinggal transfer saja,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Wow! Kelok 18 JJLS DIY Akan Dilengkapi Rest Area di Puncak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya