SOLOPOS.COM - Wisata baru Tegal Simbah (tampak depan) di Desa Tambakmerang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri menggabungkan konsep wisata alam, wisata buatan, sekaligus wisata kuliner banyak dikunjungi wisatawan. Foto diambil Sabtu (4/6/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Ada wisata baru yang memadukan wisata alam dan buatan di Desa Tambakmerang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, yaitu Tegal Simbah.

Nama wisata baru itupun terbilang unik. Solopos.com berkesempatan mengunjungi Tegal Simbah, Sabtu (4/6/2022) siang. Wisata ini terbagi dalam III lantai. Setiap lantai memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantai I terdapat wahana air atau waterboom dengan dua kolam renang berkedalaman berbeda. Satu kolam untuk anak-anak dan kolam lain untuk remaja hingga dewasa.

Di lantai I juga terdapat kuliner yang menyediakan berbagai macam menu makanan. Mulai dari bakso khas Pak Kumis hingga makanan olahan ayam. Aneka macam minuman pun tersedia. Beberapa gazebo dibangun di tepian kolam waterboom.

Lantai II dilengkapi fasilitas sejumlah meja makan berukuran panjang mengadap kolam renang. Selain itu terdapat meja pendek di bagian tengah. Pada salah satu sudut tersedia panggung lengkap dengan peralatan musik.

Baca Juga : Waterboom-Pusat Kuliner, Fasilitas Tegal Simbah Wisata Baru Wonogiri

Di lantai III, juga tersedia meja panjang. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas tersebut sembari menikmati panorama Gunung Lawu sisi selatan. Sabtu siang itu, ratusan pengunjung memadati wisata Tegal Simbah.

Wisata baru di Wonogiri itu memiliki luas antara 1.500-2.000 meter persegi. Banyak di antara mereka datang bersama rombongan. Tampak anak-anak sibuk bermain di wahana air. Sementara, para orang tua mengabadikan momen keceriaan anak-anak menggunakan gawai.

Tepi Jurang

Udara segar kawasan Girimarto melengkapi keindahan wisata Tegal Simbah. Pemilik Wisata Tegal Simbah, Anggi Pratama Eka Putra, mengatakan nama Tegal Simbah diambil dari tempat tersebut yang awalnya merupakan tegalan atau kebun milik simbah.

Semula, tempat tersebut akan dijadikan wisata kebun durian sekaligus kuliner Bakso Legenda Pak Kumis. Akhirnya, tempat itu dibangun waterboom. Lokasinya di tepi jurang sehingga menyuguhkan pemandangan indah.

Baca Juga : Tegal Simbah Wonogiri, Wisata Baru yang Sering Diserbu Pengunjung

wisata tegal simbah wonogiri
Suasana lantai II wisata Tegal Simbah di Desa Tambakmerang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri yang langsung menghadap waterboom dan meyajikan panorama indah pegunungan Lawu selatan. Foto diambil Sabtu (4/6/2022) (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

“Dulu Pak Tarso [ayah Anggi sekaligus pemilik Bakso Legenda Pak Kumis] ingin membuat wisata kuliner bakso yang ada kebun duriannya. Kalau dilihat, di beberapa lokasi masih ada pohon-pohon durian, baik yang sudah besar maupun yang masih kecil. Bapak memang dari dulu suka menanam,” kata dia saat ditemui Solopos.com di kantornya, Sabtu (4/6/2022).

Grand opening Wisata Tegal Simbah dilaksanakan akhir Mei 2022, tepatnya 26 Mei 2022. Proses pembangunan Tegal Simbah memakan waktu sekitar dua tahun. Sampai saat ini, Tegal Simbah masih terus dikembangkan. Termasuk, membangun fasilitas agar Tegal Simbah ramah terhadap lansia dan disabilitas.

Tegal Simbah dapat menampung hingga 3.000-an pengunjung. Tercatat, pada Jumat (3/6/2022) ada 3.800 wisatawan yang berkunjung ke Tegal Simbah. Angka tersebut merupakan rekor sementara jumlah pengunjung Tegal Simbah dalam sehari.

“Jumlah 3.800 orang itu sudah banyak banget. Kami sempat kewalahan. Seluruh tempat sudah sesak pengunjung. Mereka yang mau pesan makan saja harus menunggu lumayan lama. Tapi alhamdulillah, semua lancar dan bisa ditangani,” ujar dia.

Harga tiket masuk wisata Tegal Simbah pada hari kerja atau weekdays Rp5.000 per orang. Untuk bisa masuk ke waterboom, pengunjung harus merogoh kocek tambahan Rp10.000 per orang.

Baca Juga : Candi Muncar Wonogiri, Telaga Lereng Lawu yang Butuh Perhatian

Harga Tiket

Harga tiket pada akhir pekan dipatok Rp10.000 per orang. Untuk bisa menikmati waterboom, pengunjung hanya perlu menambah Rp15.000 per orang.

Tempat parkir di Tegal Simbah pun cukup luas. Pengunjung hanya perlu membayar parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp4.000 untuk mobil.

Tegal Simbah buka setiap pukul 09.00 WIB-21.00 WIB. Saat malam hari, Tegal Simbah membuka kedai kopi. Waterboom di Tegal Simbah hanya dibuka pukul 09.00 WIB-17.00 WIB.

“Jadi kalau tidak ingin masuk ke waterboom tidak apa-apa. Mereka boleh masuk ke area dalam Tegal Simbah saja. Mungkin sekadar wisata kuliner, duduk-duduk di gazebo, atau menikmati pemandangan dari lantai tiga,” ucap Anggi.

Baca Juga : Rumah Tiban Raden Mas Said Wonogiri Bertuah? Ramai saat Musim Pemilihan

wisata tegal simbah wonogiri
Suasana lantai III wisata Tegal Simbah di Desa Tambakmerang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri yang meyajikan panorama indah pegunungan Lawu selatan. Tegal Simbah berada. Foto diambil Sabtu (4/6/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Harga kuliner di Tegal Simbah mulai dari Rp4.000 hingga Rp45.000. Makanan yang tersedia, antara lain Bakso Pak Kumis, ayam bakar atau goreng, sop buntut atau iga, dan nila bakar atau goreng. Untuk minuman, Tegal Simbah menyediakan es teh, kelapa muda, jus buah, sop buah, hingga milkshake.

Seorang pengunjung dari Karangayar, Jawa Tengah, Fendi, 43, mengatakan berkunjung ke Tegal Simbah bersama rombongan kelompok kader Keluarga Berencana (KB) berjumlah 18 orang. Mereka mengetahui wisata Tegal Simbah dari mulut ke mulut.



Menurutnya, Tegal Simbah masih perlu banyak pengembangan terutama agar fasilitasnya ramah lansia dan disabilitas. “Ya mungkin karena masih baru, jadi belum ada fasilitas itu. Tapi harapan saya, nanti pengelola akan membuat fasilitas yang ramah lansia dan penyandang disabilitas. Satu lagi, mohon toilet diperbanyak sehingga pengunjung lebih nyaman. Saya merasa toiletnya jauh,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya