SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), M. Bobby Afif Nasution, ikut terjun dalam pembangunan rumah bersubsidi di Sukabumi. Para pengembang menilai hal itu merupakan hal baik dan tidak ada sangkut pautnya dengan penggunaan uang negara.

Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI), Soelaeman Soemawinata, mengatakan bahwa tidak ada yang perlu mempermasalahkan kehadiran Bobby di dunia properti. Pasalnya Bobby sudah terjun di dunia properti sejak lama, bahkan saat masih di Medan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dia [Bobby] itu sekarang di REI menjabat menjadi Wakil Sekretaris Jenderal [Wasekjen] Bidang Perizinan dan sudah lama terjun di dunia properti, tidak ada hubungannya dengan dia menantu presiden atau bukan,” katanya seusai konferensi pers REI di Jakarta, Rabu (24/1/2019).

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida pun mengatakan hal yang sama. Menurutnya, proyek yang dilakukan perusahaan pengembang milik Bobby di Sukabumi merupakan hal yang bagus dan bisa ikut membantu menjalankan program pemerintah.

“Itu sangat bagus, karena industri properti itu tidak berkaitan dengan memakai uang negara ya, supaya masyarakat juga tahu bahwa semua pembangunan ini dilakukan secara benar dan profesional dan yang dia [Bobby] lakukan itu benar. Bisnis swasta murni dan membantu rakyat kecil,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Menurutnya, sekarang memang semakin banyak yang memang berminat untuk terjun ke sektor perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Karena meskipun keuntungannya kecil, namun perputaran investasinya cepat dan mudah.

“Minat pengembang makin besar, meskipun marginnya kecil kalau rumah subsidi, mepet lah. Tapi marketingnya enggak perlu repot-repot. Jadi walaupun untungnya kecil tapi perputarannya cepat. Jadi minatnya besar. Dari REI itu sebagian besar 80% pengembang rumah subsidi,” tegasnya.

Totok menambahkan, secara proyeksi pasar, backlog yang ada masih cukup besar, terlebih sekarang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengeluarkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha KPBU.

“KPBU itu bisa menjadi akses jalan masuknya bagi pembangunan rumah untuk MBR, jadi kerja sama pemerintah dengan badan usaha. Jalan masuk maksudnya pembangunannya dibantu supaya rumah MBR itu enggak jadi rumah mewah,” tambah Totok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya