Menantang Kemampuan iPhone 13 Series Memotret Gerhana Bulan Sebagian

Menantang kemampuan kamera iPhone 13 Series untuk memotret Gerhana Bulan Sebagian.
Menantang Kemampuan iPhone 13 Series Memotret Gerhana Bulan Sebagian
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar tampilan samping kamera iPhone 13 Pro. (www.apple.com/id)

Solopos.com, SOLO – iPhone series ramai diperbincangkan di Indonesia setelah harganya mulai dirilis. Pada seri iPhone 13 Pro, fitur telefoto menjadi andalan yakni zoom optic 3x memperbesar dan zoom digital hingga 15x. Apakah fitur tersebut mampu menghasilkan foto kualitas sempurna untuk mengabadikan peristiwa alam Gerhana Bulan Sebagian, Jumat (19/11/20210) sore?

Sebagaimana diumumkan Lapan, puncak dan fase akhir Gerhana Bulan Sebagian sore ini, Jumat (19/11/2021), bisa dilihat dari beberapa wilayah di Indonesia. Jadi peristiwa alam seperti Gerhana Bulan Sebagian kali ini layak dijadikan ajang pembuktian produk teknologi, utamanaya dalam fitur fotografinya.

Baca Juga: Versi Lapan: Soloraya Bisa Lihat Gerhana Bulan Sebagian 19 November

iPhone boleh dibilang menjadi produk smartphone yang memiliki ‘kasta tinggi’. Namun untuk urusan fotografi Bulan, hasil berkualitas masih dipertanyakan. Hal itu sebagaimana diulas Shayne Mostyn, seorang fotografer yang berkonsentrasi membahas kemampuan dan cara mobile photography alias fotografi dengan smartphone.

“Omong kosong jika memotret bulan bisa menghasilkan kualitas baik dengan gawai. Karena kontras tinggi di malam hari, jadi akan lebih baik memotret bulan tidak malam hari,” kata Shayne saat membahas kemampuan iPhone 12 Pro Max.

Baca Juga: Doa dan Harapan Masuk 5 Besar Reels Instagram Paling Digemari

Namun dia memastikan memotret Bulan maupun Gerhana Bulan tidak merusak perangkat foto. Untuk hasil memfoto Bulan dengan iPhone Pro Max, Shayne merasa tak puas jika tak menggunakan bantuan alat lain.

“iPhone Pro Max memiliki lensa zoom dua setengah kali. Gerhana Bulan akan sangat aman dilihat mata telanjang, namun dengan iPhone perlu bantuan teleskop atau spotting scope,” jelasnya.

Shayne pun berbagi tips memotret Gerhana Bulan. Pertama , pemotret harus memastikan posisi orbitnya. “Paling jelas, sehari sebelumnya sudah tahu di mana dia akan muncul dan di mana kita akan memotret,” kata Shayne.

Baca Juga: Kisah Bocah Selamatkan Nyawa Ayah dengan Fitur Deteksi Wajah

Berikutnya, lanjut dia, siapkan teleskop atau teropong lain yang membantu kamera iPhone melihat Bulan lebih dekat. Melihat alat yang ditunjukkannya dalam praktik memotret Bulan, iPhone didekatkan celah melihat teropong. “Ya ini sangat dekat, jadi butuh mengaktifkan mode makro. Lihat hasilnya, sangat detail,” jelasnya.

Sebagai informasi, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro sudah dipajang di laman resmi Apple Indonesia. Mengambil seri tertinggi, iPhone 13 Pro dibekali sistem kamera Pro 12MP. Kamera itu terdiri telefoto, wide dan ultra wide. Fitur telefoto itu dibekali bukaan f/2.8, bukaan f/1.5 untuk kamera wide dan bukaan f/1.8 untuk kamera ultra wide.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago